Iwi Dayati

Assalamualaikum wr wb Perkenalkan nama saya Widayati, M.Pd. Saya seorang guru yang mangampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Saya menjalami profesi gur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gaptek 113
.

Gaptek 113

Gaptek

Sudah hampir tiga ini aku tidak bisa menggunakan kamera yang ada di laptopku. Saat ikut zoom meet pasti kameranya selalu menghitam saat kunyalakan. Aku mencoba mengutak-atik bagian kamera namun tak ada hasilnya. Entah bagaimana caranya agar kamera bisa berfungsi seperti semula.

Kejadiannya bermula ketika aku ikut suatu kegiatan yang menggunakan fasilitas kaigi. Karena tidak harus mengunduh kaigi jika menggunakan laptop, akhirnya aku menggunakan laptop. Hpku sudah pemuh dengan berbagai unduhan aplikasi

Maka pagi itu aku mengadakan rapat bersama yaitu kajian duha. Awalnya ketika mau gabung dengan kaigi ada pilihan untuk mendapatkan gambar berbentuk bunga sebagai latar. Kupilihlah bunga cantik berwarna putih itu. Tujuannya agar ketika kugunakan di manapun tidak terlihat ruangan yang tidak indah alias berantakan.

Entah kenapa ketika mau aku kembalikan ke semula yang berarti tanpa latar kok kamera jadi hitam ya.

"Apa yang salah ya?" Aku coba mengutak-atik dengan segala macam tombol, tetapi tidak juga berpengaruh.

Segera aku tanyakan pada adikku.

"Ini kalau mau ikut zoom kameranya tidak bisa nyala kenapa ya?"

"Kalau pakai laptop memang begitu. Pasti ada saja yang tidak support untuk ikut zoom. Entah kameranya, suaranya atau kadang-kadang jaringannya sering keluar keluar. Jadi lebih nyaman pakai komputer," kata adikku

Aku percaya saja dengan ucapan adikku. Apalagi dia IT nya lebih jago dibandingkan diriku.

Cuma htstiku bertanyatanya "Masa sih begitu? Kayanya kemarin gak apa-apa kok."

Namun adikku menguatkan argumennya dengan laptopnya.

"Buktinya laptopku gak pernah kepakai akhirnya. Sebab kata temanku kalau laptop dipakai buat zoom meeting pasti bermasalah. Selain kamera, biasanya suaranya suka gak jelas. Harus ada alat untuk menambah daya suara atau kamera," kata adikku

Aku merenung mungkin benar juga ya. "Yah berarti sayang juga laptop begini gak bisa dipakai buat zoom. Gimana ya supaya kameranya bisa bagus?"

Itu temanku ada tuh beli penambah daya untuk kamera dia beli online dia malah jadi bagus karena sebelumnya memang nggak pernah bisa kameranya kemarin dipakai bagus.

Berhari-hari aku merenungi hal itu. Selama ini saat ada zoom,kameraku selalu dimatikan. Sebetulnya gak enak ya, karena menyuruh siswa untuk membuka kamera sedangkan kameraku tidak bisa terbuka. Hingga tanpa sadar dan suatu ketika anakku datang kepadaku.

"Mama sudah selesai belum ngajarnya?" tanyanya sambil dia perhatikan laptop di depanku yang terlihat hitam pada kameranya.

"Ini kok lampu kameranya gak dinyalain?" katanya sambil menekan tombol laptop yang paling atas. Dan tara langsung terlihat wajahku di kamera.

"Lah kirain kameranya rusak. Selama ini kamera terlibat hitam kalau dinyalakan. Makanya mama gak pernah buka kamera. Ternyata cuma seperti itu solusinya."

"Iya ini mama belum dinyalain lampunya" kataanakku.

"Oh ... Begitu toh.. " ku hanya bisa mengangguk sambil memegang kepala.

Betapa gapteknya diriku.

Jakarta, 14 September 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah

14 Sep
Balas

Semoga sukses selalu dan bisa istikomah

14 Sep
Balas

O blm di nyalakan to tak kirain biar irit paket data

14 Sep
Balas

hehe, bukan gaptek tu ibu, tapi lupa, keren ceritanya

14 Sep
Balas



search

New Post