Iyun Damanique

A happy single lady ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sebuah Akrostik

Sebuah Akrostik

Jadi kata akrostik itu berasal dari bahasa Prancis acrostiche dan Yunani akrostichis yang artinya adalah sebuah sajak (kata lain dari puisi, yang huruf awal baris-barisnya menyusun sebuah atau beberapa kata, apabila dibaca secara vertikal (dari atas ke bawah).

Pola rima dan jumlah larik dalam Puisi Akrostik dapat bervariasi, karena Puisi Akrostik merupakan puisi deskripsi yang artinya menjelaskan kata yang dibentuk.

Yang paling penting dalam membuat Puisi Akrostik adalah mengait-ngaitkan huruf awal dengan gagasan yang akan kita kemukakan. Puisi ini bisa kita gunakan sebagai latihan menulis atau membuat puisi sambil belajar memilih diksi yang tepat untuk menyampaikan pesan. (https://www.sastraindonesia.org/2019/01/materi-puisi-akrostik-sastra-indonesia.html?m=1)

Berikut sebuah contoh puisi akrostik dariku. This is the first time for me.

Senyum yang senantiasa merekah dari balik wajah ramah

Riuhkan suasana hingga menghibur tiap jiwa

Yang kemudian berakhir bahagia

.

Walau kenyataan tak seindah harapan

Alunan sukacita terus mengalir tiada henti

Harum aroma jawara menyebar ke setiap sudut hati

Yakin dengan langkah yang telah dicapai

Ucapan yang akan menghadirkan aura ksatria

Niscaya menebar benih keberhasilan

Indah pada waktunya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

makasih ilmunya salam literasi

27 Jun
Balas



search

New Post