Iyus Yusandi

Guru SMAN 18 Garut...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bersyukur Masih Diberi Nikmat, Bersyukur Masih Memiliki Kedua Orang Tua

Bersyukur Masih Diberi Nikmat, Bersyukur Masih Memiliki Kedua Orang Tua

Dari Abdullah bin ’Amru radhiallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

رِضَى الرَّبِّ فِي رِضَى الوَالِدِ، وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ

Ridho Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua.”Hadits riwayat Hakim, ath-Thabrani.

Dari hadits tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa seorang anak wajib berusaha membuat orang tuanya ridho. Dalam hadits tersebut, Rasulullah menyebutkan bahwa ridho Allah bergantung pada ridho orang tua. Sama halnya dengan mencari ridho Allah yang merupakan suatu kewajiban, demikian pula dengan mencari ridho orang tua.

Berbahagialah mereka yang masih memiliki orang tua. Bersyukurlah dan do'akanlah Mereka berdua. Mendatangkan keridhoan orang tua dengan cara menaati perintah mereka merupakan salah satu bentuk berbakti. Namun, hal tersebut memiliki batasan selama perintah mereka tidak bertentangan dengan perintah Allah. Apabila perintah keduanya bertentangan, maka wajib memprioritaskan ridho Allah di atas ridho makhluk.

Perlu diketahui juga bahwa Ridho orang tua merupakan sebab terkabulnya do’a sang anak. Karena dengan keridhoan orang tualah, anak tersebut akan memiliki posisi yang mulia di sisi Allah sehingga dia memiliki kesempatan yang besar untuk bisa mendapat ridho Allah, jika Allah ridho, maka doanya berpeluang besar untuk dikabulkan. Contohnya adalah Uwais al-Qorni. dia adalah seorang yang berbakti kepada ibunya, sehingga Allah mengistimewakannya dengan kemuliaan dan pengabulan doa. Orang tua adalah orang paling berjasa dalam hidup kita, mereka berdua adalah orang tang telah merawat, melahirkan dan membesarkan kita. Selama itu mereka tidak meminta imbalan maupun bayaran sama sekali. Tentu saja tanpa mereka berdua, kita semua mungkin tidak akan dapat mencapai titik ini dalam hidup kita. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk berbakti kepada orang tua. Meskipun orang tua kita tak meminta balasan atas apa yang telah mereka berikan selama ini, namun sudah sepantasnya Anda menghormati, menyayangi dan berbakti kepada mereka berdua. Entah mereka sekarang masih dalam keadaan sehat wal afiat, sakit maupun telah meninggal. Memberikan rasa bakti tak hanya melalui harta, namun bisa juga melalui doa. Doa berikut ini merupakan doa yang disarankan ataupun yang dapat dilafalkan untuk mendoakan ibu dan bapak Anda. Meskipun lafadz doa ini pendek, namun doa ini amatlah mustajab, karena doa ini ditujukan untuk mencapai ridho Illahi:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shokhiroon

Artinya : Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, baik ibu dan bapakku, kasihanilah keduanya seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Mengapa kita harus mendoakan mereka?

harus diakui bahwa perjuangan kedua orang tua kita semenjak masa awal kehamilan hingga lahir sungguh luar biasa. Ibarat perang, Ibu kita berjuang selama 9 bula mengandung dan menghadapi prosesi kelahiran dengan truha hidup dan mati demi sang anak tercinta. Ketika lahir ke dunia, kedua orang tua kita mencari nafkah dengan segala cara agar bisa memberikan makanan dan minuman terbaik untuk anak. Tak peduli capek, sulit, hujan, panas, dingin, dan segala kondisi alam apapun, semua diterjang demi sekedar membahagiakan anak. Kedua orang tua kita berjuang dan berkorban segala hal demi anak. Sungguh mulia kedua orang tua kita karena tanpa pamrih sedikit pun atas semua jerih payah dan usahanya demi membahagiakan anak.

kini, setelah kita dewasa, apa jasa dan perjuangan kita untuk mereka? Yang pasti mereka tak butuh pengembalian materi yang sudah mereka keluarkan sejak anaknya lahir. mereka hanya butuh doa agar mereka bisa senantiasa sehat, dijauhkan dari semua penyakit, diberi kemudahan dalam segala hal, diberi pintu rezeki yang seluas-luasnya dan diberi keberkahan.

Nah pertanyaannya adalah apakah Anda sudah mendoakan kedua orang tuamu hari ini?

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi yaitu:

Mungkin ada kawan kawan yang sudah mendoakan kedua orang tuanya setiap hari (setiap sholat 5 waktu atau setiap ke Gereja atau tempat ibadah lainnya). Mungkin ada juga yang hanya ingat setiap minggu (ketika sholat jumat). Mungkin ada yang hanya inget setiap bulan saja (ketika ada tetangga yang meninggal). Mungkin ada yang hanya inget setiap tahun saja (ketika lebaran dan hari raya keagamaan tiba).

Sudah selayaknya dan menjadi kewajiban kita untuk senantiasa mendoakan kedua orang tua kita baik yang masih hidup maupun sudah meninggal sekalipun. Karena tanpa jasa mereka, kita bukanlah siapa-siapa. Apapun profesi Anda saat ini, mau jadi Presiden, mentri, Pengusaha, Direktur, Tentara, Polisi, PNS, Dosen, Karyawan, pedagang, nelayan, petani, tukang ojeg, sopir, pemulung, dan apapun profesi Anda, maka ANDA WAJIB mendoakan kedua orang tuamu sebagai bentuk tanda bakti kita kepada mereka.

Sungguh kenikmatan yang luar biasa, kita masih diberi nikmat. Nikmat memiliki kedua orang tua, dan kita bisa mendoakan mereka sebagai pembuka jalan mendapatkan keridhoan Allah SWT.

Marilah kita bersyukur dan mendoakan kedua orang tua kita!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masha Alloh...

19 Jul
Balas

Subhanallah Walhamdulillah

19 Jul



search

New Post