Iyus Yusandi

Guru SMAN 18 Garut...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ciri-ciri Orang Cerdas
Masjid Utsman bin Affan di SMAN 18 Garut

Ciri-ciri Orang Cerdas

Ciri-Ciri Orang Cerdas Menurut Islam?

(Reportase Shalat Jum’at, 15 Februari 2019 oleh Iyus Yusandi)

Setiap hari Jum’at, bel dibunyikan sekitar pukul 11.30 untuk persiapan ambil wudlu dan shalat Jum’at. Peserta didik laki-laki segera keluar kelas dan mengambil air wudlu di sekitar Masjid Utsman bin Affan di SMAN 18 Garut. Sekitar 426 peserta didik laki-laki memasuki bangunan masjid.

Khotib Jum’at hari ini ialah H. Aam Suparman M.Pd. seorang guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Setelah adzan berkumandang khotib pun naik mimbar dengan membawa kajian Ciri-ciri Orang Cerdas.

Menurut asumsi banyak orang secara umum, cerdas berarti orang pintar secara akademis, mendapat nilai baik, dan bijak dalam mengambil keputusan. Memang tak ada yang salah dengan arti cerdas menurut pendapat umum, hanya saja menurut Islam cerdas memiliki arti luas, tak hanya masalah dunia tetapi juga menyangkut akhirat.

Rasululllah shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda,

أَفْضَلُ الْمُؤْمِنِينَ أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَ أَكْيَسُهُمْ أَكْثَرُهُم لِلمَوتِ ذِكْرًا وَ أَحْسَنُهُم لَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ

“Orang mukmin yang paling utama adalah orang yang paling baik akhlaknya. Orang yang cerdas adalah orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik dalam mempersiapkan bekal untuk menghadapi kehidupan setelah kematian. Mereka adalah orang-orang yang berakal.” (HR. Ibnu Majah)

Orang-orang salih selalu memikirkan dan mempersiapkan kematian. Mereka bersungguh-sungguh ketika melakukan kebaikan seolah-olah mereka akan meninggal pada hari tersebut. Apabila tiba sore hari, mereka bersyukur atas kesempatan yang masih Allah berikan.

Mereka pun kembali bersungguh-sungguh melakukan kebaikan seolah-olah mereka akan meninggal pada malam tersebut. Bahkan diantara mereka ada yang selalu berpesan kepada istrinya, “Jika aku meninggal pada hari ini, tolong sampaikan kepada fulan agar berkenan untuk memandikan jenazahku, melakukan ini dan itu, dan tolong lakukan ini dan itu wahai istriku.” Setiap hari pesan tersebut selalu diulang-ulang dan disampaikan kepada istrinya.

Siapakah Orang Yang Paling Cerdas Menurut Rasulullah?

Hidup di dunia ini bukanlah hidup yang panjang, melainkan hanya sesaat saja. Tidak ada kekekalan di dunia ini. Perjalanan yang sesungguhnya masih amat sangat panjang. Sehingga Rasulullah SAW. selalu mengingatkan kepada umatnya agar senantiasa beriman, percaya atas segala sesuatu yang ghaib, yang pasti akan terjadi. Yakni kehidupan setelah di alam dunia.

Jadi, sebenarnya siapakah orang yang paling cerdas menurut Rasulullah SAW?

Ada kaum Anshar yang menanyakan hal serupa kepada Rasulullah.

“Ya Rasululloh, orang mukmin manakah yang paling utama?’

Beliau menjawab, “Orang yang paling baik akhlaknya.”

Kemudian ia bertanya lagi, “Muknin manakah yang paling cerdas?”

Beliau menjawab, “Orang yang paling banyak mengingat mati dan paling baik persiapannya untuk menghadapi kehidupan setelah mati. Mereka itulah orang-orang yang paling cerdas.” (HR. Ibnu Majah)

Itulah jawaban Rasulullah ketika ditanya tentang siapa orang yang paling cerdas. Jawabannya adalah orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik persiapan atau bekal untuk kehidupan setelah kematian. Bukan mereka yang sukses dalam karirnya, berpendidikan tinggi, memiliki IQ yang tinggi, juga bukan pula mereka yang meraih banyak prestasi, atau kedudukan. Kecuali semua yang diraih namun tetap didalam hatinya terdapat rasa takut akan panggilan Allah yang tidak tahu kapan waktunya tiba, sehingga ia akan selalu ingat akan kematian dan segala perbuatan yang dilakukana semata-mata hanya untuk mencari bekal yang dapat menyelamatkannya kelak.

Demikian reportase Jum’at ini. Sesungguhnya semua yang benar datang dari Allah, dan yang salah datang dari penulis.

semoga bermanfaat.

(Edisi belajar menulis)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Orang cerdas adalah orang yg selalu waspada dan pandai memanfaatkan waktu. Tulisan yang sangat bermanfaat.

13 Mar
Balas

Semoga bisa belajar untuk menjadi cerdas....Salam literasi...

15 Feb
Balas

Salam literasi bu,,, terima kasih

15 Feb
Balas



search

New Post