Iyus Yusandi

Guru SMAN 18 Garut...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemuda Tulang Punggung Bangsa

Pemuda Tulang Punggung Bangsa

Pemuda Tulang Punggung Bangsa

Iyus Yusandi

Definisi pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa depan. Pemuda (nominal) ialah orang yang masih muda, orang muda (KBBI).

Arti ungkapan tulang punggung menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah seseorang atau sesuatu hal yang menjadi kekuatan.

Tuang punggung adalah tulang beruas-ruas tak beraturan dari tengkuk ke bawah yang membentuk punggung dan mudah digerakkan.

Tulang punggung disebut juga dengan tulang belakang, bersifat kuat dan tetapi lentur dan menopang hampir dua pertiga beban tubuh. Sehingga tulan punggung yang membuat manusia berdiri tegak. Tulang punggung juga membuat manusia dapat melakukan banyak gerakan tubuh, seperti memutar kepala, dsb. Fungsi lain tulang punggung adalah melindungi sumsum tulang belakang, disebut juga saraf-saraf tulang belakang yaitu seikat besar saraf yang bertugas mengirimkan informasi dari otak ke seluruh tubuh .

Begitu pentingnya tulang punggung atau tulang belakang bagi manusia. Sehingga penggunaannya kemudian meluas, tidak hanya dalam pembahasan makhluk hidup dalam ilmu Biologi, melainkan menjadi bagian dalam ilmu bahasa, yaitu metafora. Metafora atau kiasan adalah pemakaian kata atau kelompok kata yang memiliki arti bukan sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan ciri atau perbandingan.

Kata tulang punggung memperkaya khasanah metafora dalam bahasa Indonesia. Contohnya tulang punggung bangsa. Pengerian tuang pungguh bangsa adalah komponen utama pembangunan suatu negara. Dalam hal ini yang menjadi tulang punggung bangsa adalah pemuda-pemudi.

Bung Karno berkata “Beri aku Seribu orang tua maka akan kucabut Semeru dari akarnya, kirimkanlah aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia”.

Apa yang dikatakan sang Proklamator bertujuan untuk membangkitkan rasa semangat pemuda Indonesia untuk selalu berjuang, bersatu dalam satu rumpun NKRI. Sejalan dengan isi teks sumpah pemuda jelas dan nyata maknanya. Setiap yang mengaku dan termasuk Pemuda Indonesia harus memiliki rasa kesatuan dan persatuan yang kokoh.

Generasi muda adalah ujung tombak kemajuan dalam suatu bangsa, maka tak pelak generasi muda atau pemuda Indonesia menjadi sorotan apabila terjadi problematika baik moral, etika, keamanan dan yang lainnya.

Begitu pula dengan Peringatan hari sumpah pemuda jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober, Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana hakikat sumpah pemuda yang sesungguhnya dan peringatan sumpah pemuda ini milik siapa?.

Fenomenologi yang terjadi adalah masih ada generasi muda yang tidak tahu isi teks Sumpah Pemuda. Padahal sebagian mereka ada yang memperingati hari besar nasional tersebut. Mari kita simak isi dari teks Sumpah Pemuda :

– Kami putra-putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

– Kami putra-putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

– Kami putra-putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dahsyatnya peran dan fungsi pemuda dengan potensi yang mereka miliki sungguh tiada tara. Namun apa yang terjadi pada saat sekarang ini perbuatan asusila, aksi demo anarkis, pembunuhan dan penganiayaan terhadap orang tua, lebih banyak dilakukan oleh pemuda. Tetapi di balik itu tidak sedikit prestasi yang diukir oleh generasi muda Indonesia.

Peringatan sumpah pemuda tidak hanya sekedar diisi dengan tarian dan lomba-lomba namun cobalah berprestasi baik di dalam bangsa ini maupun sampai di dunia internasional. setiap hari generasi muda harus selalu memupuk rasa cinta kepada tanah air, cinta kepada bangsa, cinta kepada sesama sehingga tidak ada lagi perpecahan, kebencian, perbedaan yang terjadi karena sumpah pemuda adalah milik generasi muda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post