Iza, S.Pd

Lahir di Payakumbuh pada tanggal 9 Januari 1973 dari seorang ibu bernama Huriah dan ayah bernama Muchtar Said. dikaruniahi 3 orang putra yang ganteng sete...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kue Bolu Karamel

Kue Bolu Karamel

Kue bolu karamel atau kue bolu sarang semut merupakan salah satu jenis kue bolu yang sangat enak. Rasa manis dan gurih kue ini terasa mengoda siapa saja untuk terus menikmati kue yang satu ini. Warna hitam pada kue diperoleh dari karamel dan susu cokelat yang terdapat didalamnya. Pembuatan kue ini sangat mudah, dengan bahan yang mudah didapat dan pemanggangan kue yang bisa dilakukan di baking pan, oven, teplon bahkan bisa di magic com.

Disebut sebagai kue karamel karena kue ini berbahan gula yang dijadikan karamel, disamping itu kue ini sering juga disebut kue sarang semut karena kue ini memiliki rongga seperti sarang semut. Ada berbagai resep yang dapat dengan mudah ditemukan di dunia maya. Resep berikut merupakan resep yang sudah penulis modifikasi sesuai dengan keingginan penulis. Tertarik untuk mencoba, ikuti resep yang penulis buat berikut ini.

Kue Bolu Karamel atau Kue Bolu Sarang Semut

Bahan :

300 g tepung terigu

200 g skm cokelat

200 g mentega cairkan

6 butir telur

100 g gula halus

1 sdt sp atau tbm

1 sdt peres soda kue

1 sdt peres baking powder

Bahan untuk karamel :

500 g gula pasir

500 ml air

Cara membuat :

Pertama sekali buatlah karamel dengan memasak gula dalam kuali dengan api sedang sambil di aduk dengan spatula sampai mencair. Masukkan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Masak sampai gula larut dan air sedikit menyusut. Matikan api dan biarkan dingin.

Ayak tepung terigu, Gula halus, soda kue dan baking powder sisihkan

Masukkan telur dan susu kental manis, dan sp/tbm dalam wadah aduk mengunakan wisk sampai tercampur rata tidak perlu sampai kembang.

Masukkan ayakkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, selang selingi dengan karamel sampai habis.

Masukkan Mentega cair tadi, aduk terus sampai tercampur rata dan tidak bergerindil.

Siapkan cetakan yang diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu. Masukkan adonan, kemudian panggang dengan api sedang sampai matang test kematangan mengunakan lidi dan ditusukan ke kue. Bila adonan tidak lengket maka kue sudah matang.

Bila bunda memakai oven listrik, gunakan suhu 170•c panggang selama 45

Selamat mencoba

Batu Bersurat XIII Koto Kampar

IZA, S.Pd

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post