Jadi Ibrahim

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Manfaat Internet Internet Pendidikan Media Guru Indosat

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat sehingga segala jenis dan bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia secara global dan instan. Yaitu sebagai jaringan informasi terbesar di dunia sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan internet.

Manfaat Internet

· Sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan massa depan.

· Sumber informasi yang sangat besar yakni :

a. Sebagai sumber data dan informasi, internet menyimpan berbagai jenis sumber informasi di internet. Bidang apapun yang diminati, pasti ada informasi di internet. Ini bisa digunakan peserta didik dan guru untuk mencari bahan ajar dalam pembelajaran di sekolah. Bagi peserta didik yang kurang mampu, ini sangat memudahkannya dalam mencari bahan ajar, karena peserta didik tidak perlu lagi untuk membeli buku.

b. Sebagai sarana pertukaran data informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik ke dua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinkan seseorang peserta didik berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :

1. Sebagai media interpersonal dan massa.

2. Sebagai alat untuk berdiskusi dengan dengan peserta didik agar pengetahuan peserta semakin luas.

3. Digunakan untuk mempengaruhi peningkatan motivasi dan menguatkan pengajaran serta meningkatkan lingkungan psikologi pada peserta didik.

4. Dijadikan sarana untuk merangsang dan memotivasi peserta didik dalam mengembangkan intelektualnya sehingga dapat pengembangan ilmu baik teoritis maupun terapan.

5. Bersifat interaktif.

6. Memungkinkan komunikasi secara bebas.

Berdasarkan uraian di atas dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer atau pelengkap. Selain manfaat yang ditimbulkan dari kehadiran internet bagi pendidikan antara lain :

· Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi.

· Proses pembelajaran lebih menarik. (melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.

· Mendorong peserta didik untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi.

· Mempermudah penjelasan konsep. Apabila dalam materi atau bahan ajar disampaikan melalui metode ceramah. Dengan adanya internet, guru bisa menyampaikan konsep atau materi secara audiovisual. Pelajaran lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman peserta didik. Hal ini dapat menghindari kebingungan pada diri peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung.

· Pembelajaran lebih konseptual dan up to date (Aktual).

· Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan. Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran di kelas. Misalnya membuat persiapan mengajar, pengolahan nilai, dan menyebarluaskan nilai ulangan atau ujian, bisa menggunakan fasilitas komputer (Internet). Dengan demikian, internet dapat memperbaiki dan memperlancar administrasi pendidikan.

· Sebagai perpustakaan elektronik

· Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dan peserta didik.

Namun penggunaan internet dibidang pendidikan harus dikontrol dan dikendalikan agar tidak membawa dampak yang merugikan bagi misi pendidikan itu sendiri.

Profil Penulis

Jadi, S.Pd.I, MM

Terlahir di kota Cirebon lima puluh tahun yang lalu bertepatan dengan empat belas Februari Seribu sembilan Ratus Enam Puluh Sembilan. Dan berprofesi sebagai seorang guru Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Agama Jakarta Utara. Penulis dapat disapa melalui e-mail [email protected]. WA 085899737703

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bpk. Skses sll

21 Aug
Balas

Mantap...Semoga sukses barokallah

24 Jan
Balas

Internet berguna sekali dalam dunia pendidikan saat ini, terutama pada masa pandemi.

09 Jun
Balas

Tulisan yang bagus dan sangat informatif. Sukses selalu dan salam kenal

25 Apr
Balas

mks bu yaya salam kenal juga

07 Jun
Balas

Keren pak. Salam kenal

28 Jul
Balas



search

New Post