JENIKA WIDIYA

JENIKA WIDIYA, S.Pd. Merupakan Guru Bahasa Inggris dan Anggota Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya (KGPBR). Ia menyelesaikan pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Ingg...

Selengkapnya
Navigasi Web
Harapan kepada Mas Nadiem Makarim

Harapan kepada Mas Nadiem Makarim

Selamat Datang Mas Nadiem Makarim

Perkenalkan, saya adalah Jenika Widiya. Saya adalah Seorang Guru Bahasa Inggris di SMPIT AQIDAH Cikarang Utara. Saya juga seorang guru biasa, yang ingin terus belajar bersama orang-orang hebat tentunya. Hal itu membuat saya termotivasi. Sebelumnya, saya ingin mengucapkan selamat datang di dunia Pendidikan Indonesia kepada Mas Nadiem Makarim. Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan terkait harapan-harapan saya kepada Mas Nadiem tentang Dunia Pendidikan di Indonesia ini, khususnya yang terjadi sekitar saya.

Begini mas, yang pertama saya sampaikan adalah mengenai rasa keberatan saya tentang banyaknya tugas administrasi sekolah yang diberikan kepada kami sebagai seorang guru diantaranya adalah membuat Silabus, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Program Mingguan (Proming), serta Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) dan kawan-kawannya. Hal itu menurut saya sangat memakan waktu kami sebagai seorang guru. Kepala sekolah biasanya memberikan tugas kepada kami, agar mengumpulkan adminstrasi itu pada awal tahun pelajaran berlangsung. Setiap bulan pun kami melaksanakan rangkaian kegiatan supervisi kepala sekolah. Sungguh hal yang begitu melelahkan kami sebagai guru. Kenapa tidak kami diberikan tugas praktek saja ? Praktek mengajar yang fokus kepada siswa. Sehingga kami bisa lebih leluasa untuk mengajar dan mengembangkan potensi yang ada. Harapan saya, kedepan lebih dikurangi dalam pembebanan tugas administrasi yang begitu rumit kepada guru.

Selanjutnya, kedua yang saya mohon kepada Mas Nadiem agar lebih ditingkatkan lagi apresiasi untuk para guru pegiat literasi. Misalnya, pemberian hadiah umroh untuk guru pegiat literasi ketika ia bisa mengajak para guru lainnya untuk menggalakkan kegiatan literasi tersebut kepada orang sekitar. Tentunya, Mas Nadiem memberikan target kepada guru tersebut. Misal, harus berapa orang guru yang mereka ajak dalam menggalakkan kegiatan literasi tersebut. Menurut saya, para guru pegiat literasi pun akan merasa bangga dan gembira, tentunya mereka akan terus mengembangkan potensinya dalam kegiatan literasi. Mereka para guru pegiat literasi itu tidak akan lelah dan akan terus menebar virus literasi ke berbagai penjuru dunia.

Terakhir, pesan saya kepada Mas Nadiem. Janganlah takut dan terus berikan motivasi kepada kami para guru di Indonesia. Agar gerakan literasi ini semakin menggebrak dunia. Kami yakin, saya khususnya sebagai seorang guru bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang maju dan besar di Era Emas yaitu tahun 2045.

Sekian harapan saya kepada Mas Nadiem Makarim. Demikian agar diterima apa adanya dan dapat didengar seksama oleh Mas Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan Indonesia yang baru.

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, luar biasa Neng Jen

07 Dec
Balas

Wah, luar biasa Neng Jen

07 Dec
Balas

Terimakasih bu mugi

08 Dec

Setuju Mrs. Semoga mas menteri dapat merealisasikan semua harapan para guru. So nasib bangsa tercinta ini ada di tangan guru-guru hebat yang selalu menggiatkan literasi. Sukses ya say..

11 Dec
Balas

Semoga masnya mau memahami ya..

09 Dec
Balas



search

New Post