JENIKA WIDIYA

JENIKA WIDIYA, S.Pd. Merupakan Guru Bahasa Inggris dan Anggota Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya (KGPBR). Ia menyelesaikan pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Ingg...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pulang Basamo

Pulang Basamo

Day 2

Masih di LPMP DKI Jakarta, kami para peserta diminta untuk merekontruksi bacaan dari cerita menjadi puisi. Ups, buku yang saya terima adalah cerita dengan judul Pulang Basamo Karya Andi Mulyo. Diterbitkan pada tahun 2018 oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Jadi, cerita tersebut menceritakan tentang Seorang anak yang berasal dari Padang menyambut gembira adanya Pulang Basamo yang dilaksanakan pada saat lebaran. Pulang Basamo adalah ungkapan asli Minangkabau, yang berarti pulang bersama-sama. Kadang kala disebut juga dengan Mudik Bersama. Hal itu dilakukan oleh banyak perantau dari berbagai daerah di Indonesia untuk merayakan hari Raya Idul Fitri bersama orang tua, serta sanak famili. Itu sebabnya, bagi Aziz, Pulang Basamo saat lebaran sangat disambut gembira olehnya.

Nah, diatas adalah teks cerita dari penggalan buku tersebut.

Okey. Now. Let's start we do!!!

Selanjutnya, mulailah saya membuat puisi dari cerita tersebut.

Coba lihat ya, puisinya. Semoga manfaat hehe

PULANG BASAMO

Karya : Jenika Widiya

Pulang basamo...

Melepas rindu dahaga

Menyusuri cerita kita

Yang lama tak bersua

Pulang basamo...

Pulang bersama

Tunggu aku datang padamu

Wahai tanah kelahiranku

Khayalan tentang sanak saudara

Merasuki pikiran alam sadar

Dari orang rantauan

Yang rindu kampung halaman

Gembira ria kita

Menyambut suka cita

Pulang basamo

Kan tiba jua

LPMP DKI Jakarta, 10 Oktober 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren, dari cerita masuk ke puisi. Mantaps dah ah. Sukses selalu dan barakallahu fiik

10 Oct
Balas

Terimakasih bu doktor. Kata-kata nya selalu bikin semangat..

11 Oct



search

New Post