JOKO ISWAHYUDI, S.Pd.I, M. Pd

Nama Joko Iswahyudi, S. PdI, M. Pd Saya lulus SDN Sebani tahun 1994 dan melanjutkan MTsN lulus 1997Tapaan 1 Kota yang dekat dengan dg Jalan Raya Lalu Melanjutk...

Selengkapnya
Navigasi Web
APA SIH PONDOK ROMADHON ITU????

APA SIH PONDOK ROMADHON ITU????

Pondok Ramadhan merupakan kegiatan yang diselenggarakan pada bulan puasa yang berisi berbagai kegiatan keagamaan seperti, buka bersama, pengkajian, sholat tarawih berjama'ah, tadarus Al-Qur'an dan pendalamannya, dan lain sebagainya. Jelasnya, kegiatan ini merupakan kegiatan intensif yang dilakukan dalam periode tertentu yang diikuti oleh peserta didik selama 24 jam atau sebagian waktu saja dengan tujuan melatih mereka untuk memulai hari-hari dan malam-malam bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan ibadah. Yang pasti kegiatan yang dilakukan di sini mencontoh apa yang dilakukan di pesantren-pesantren pada umumnya yang salaf mapun yang modern.

Tujuan dan Terget

Kegiatan Pondok Ramadhan ini memiliki tujuan;

1. Memberi pemahaman lengkap tentang pentingnya membiasakan dibulan Ramadhan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif (ibadah)

2. Meningkatkan amal ibadah peserta didik dan guru atau yang lainnya pada bulan Ramadhan. Dalam membentuk kepribadian peserta didik agama baik jasmani dengan melakukan kegiatan keagamaan pada saat beribadah puasa dan amal-amal ibadah lainnya yang di kerjakan.

3. Memberikan pemahaman ditunjukan ditunjukan ditunjukan kepada para PESERTA DIDIK TENTANG Ajaran Agama dan bagaimana mengaplikasikannya hati Kehidupan Sehari-hari.

4. Mengisi waktu luang dengan lebih banyak memakai dan memperdalam iman dan takwa.

Salah satu pemahaman lain tentang Pondok Ramadhan adalah salah satu kegiatan sekolah yang merupakan intra kurikuler, kegiatan ini dilakukan pada bulan puasa (Ramadhan), sedangkan pondok ramdhan itu sendiri tersusun dari dua kata kata; Pondok dan Ramadhan.

Karel A. Steenbrink untuk menentukan asal usul istilah pondok berasal dari bahasa Arab “Funduq” yang berarti pesanggrahan atau penyediaan untuk orang yang bepergian. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata pondok memiliki arti madrasah dan asrama (tempat mengaji; belajar agama), seperti pondok Sidogiri, Pondok Al Yasini dll yang berada di Lingkup Kabupaten Pasurun.

Sementara itu berkenaan dengan Ramadhan, Ahmad Syarifuddin menyatakan bahwa Ramadhan berasal dari kata bahasa Arab “ramadha-yarmudhu-ramadhan” yang berarti panas digunakan. Orang Arab sebelumnya kompilasi nama-nama bulan dari bahasa lama ke bahasa Arab, mereka menamakan bulan itu menurut masa yang dilaluinya.

Pondok Ramadhan menggunakan makna rangkaian pelajaran agama totalitas (ada tempat / pemondokan selama satu hari atau lebih) yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk menyiapkan anak didiknya untuk generasi yang meningkatkan spiritual dan berkepribadian Islami yang dilakukan di bulan Ramadhan.

Alhamdulillah SDN Karanganyar II Kecamatan kraton sudah memprogram memiliki kegiatan PONDOK RAMADHAN 1440 H / 2019 M Yang di selenggarakan untuk ulasan para siswa-siswi Yang di laksanakan dengan Tanggal 13 - Mei dan hari terakhir di Tanggal 18 bulan mei 2019 kegiatan yang dilakukan Yang DAPAT dilakukan SDN Karanganyar II DAPAT memberikan Manfaat dan mendapat ridho serta izin Allah SWT. dan semoga Berjalan Lancar .. Aamiin ... Salam Ramadhan Kareem

Semoga bermanfaat untuk kita semua

Oleh; Joko iswahyudi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post