Joni Setiyawan

Saya adalah seorang guru biasa yang berasal dari sebuah desa kecil di kabupaten Kebumen. Tepatnya di Desa Semondo kecamatan Gombong. Saya terlahir dari seorang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berkah di saat liburan

Berkah di saat liburan

Akhir tahun 2017 sebagian besar lembaga pemerintah, sibuk dengan agendanya. Diantaranya mempersiapkan laporan akhir tahun. Tak dapat dimungkiri bahwa kegiatan yang dilakukan selama satu tahun akan dievaluasi. Dengan adanya evaluasi, diharapkan mampu dipakai sebagai acuan rencana pada tahun berikutnya. Sehingga program yang kurang dapat disempurnakan dan lebih baik lagi. Setelah semua administrasi dan kegiatan selesai, kini tibalah saatnya menikmati liburan.

Demikian juga dengan apa yang saya kerjakan. Tugas sebagai guru dan tambahan wali kelas telah berakhir pada semester gasal ini. Laporan buku hasil belajar siswa pun telah diserahkan pada wali murid. Liburan saya kali ini lain dari sebelumnya. Demi meniti suatu pengetahuan menulis, saya mengikuti kegiatan wisata literasi. Tepatnya pada tanggal 26-27 Desember 2017. Bersama dengan puluhan teman lainnya. Liburan identik dengan pergi ke tempat wisata. Akan tetapi bersama Edu Training Centre, saya menimba pengetahuan tentang menulis. Dalam hal ini nara sumber memberikan materi yang sangat kami butuhkan. Mulai dari menulis artikel, buku ilmiah, pengayaan, modul, dan penelitian tindakan kelas. Antusias peserta menulis pun sangat luar biasa. Meski hingga larut tapi kami masih asyik menikmati kebersamaan ini. Sebab kami memiliki visi dan misi yang sama, yaitu menulis. Edu Training Centre telah memberikan aspirasi banyak pengetahuan yang belum pernah saya dapatkan. Meskipun saya adalah guru pemula dalam belajar menulis. Tapi Bapak Johan Wahyudi dengan panggilan akrabnya Master Jo, telah memberikan motivasi dan inspirasi. Sehingga tekad saya untuk menorehkan karya saya semakin kuat. Saya ingin seperti beliau yang handal dalam menulis artikel, buku serta karya tulis. Walaupun beliau hanya seorang guru di daerah, akan tetapi Ia telah berkali-kali diundang oleh presiden, menteri dan kalangan pejabat elit pendidikan. Semua itu karena karya yang dibuat, Saya sangat salut dengan kepribadiannya, sebab Ia sangat rendah hati dan peduli dengan sesama. Dalam obrolan kami semalam, saya terbesit untuk meniru jejaknya. Master Jo tidak menutupi pengetahuan yang dimilikinya. Ia dengan senang hati mau berbagi ilmu menulis dengan seluruh peserta. Apapun yang kami tanyakan seputar penulisan, ia jawab dengan gambalng. Saya beserta teman-teman dari seluruh penjuru nusantara hadir di gedung Edu training centre, mengikuti kegiatan dengan penuh keseriusan. Tak tanggung-tanggung, peserta pelatihan kali ini berasal dari Palembang, Pontianak, Banjarmasin, Jawa barat, Jawa timur dan Jawa tengah. Mereka sudah tak menghiraukan biaya, sarana prasarana serta jarak tempuh. Perbedaan latar belakang peserta bukanlah suatu halangan. Tapi dapat menambah hidupnya suasana. Kami dapat saling berbagi pengetahuan menulis. Sebab sebagian peserta yang hadir, sudah pernah mengikuti kegiatan serupa. Namun pihak lain penyelenggaranya. Bahkan banyak juga yang telah menerbitkan bukunya. Sehingga saya benar-benar sangat bersyukur dapat berkenalan dengan teman-teman yang mau berbagi. Semoga saya dapat mengembangkan pengetahuan menulis ini dengan membuat berbagai karya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sayang kemaren kita ngga sempat sharing ya Pak

28 Dec
Balas

Iya Bu, karena waktu ibu yang mepet, tapi gak papa Bu lain waktu Semoga bisa berbagi ilmunya. Paling tidak saya sudah membaca karya ibu.

29 Dec

Pengalaman yang sangat mengesankan .. Banyak pelajaran hidup dan ilmu baru.. semoga membuahkan karya terbaik

28 Dec
Balas

Aamiiin

28 Dec



search

New Post