Josmartin Peto M

Life is like sailing the boat in the middle weavy ocean into direction island. If we want our boat face up or face down, it depends on yourselves, you shoukd be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari Balimau (Tantangan Gurusiana 365 Hari Ke-92)

Hari Balimau (Tantangan Gurusiana 365 Hari Ke-92)

Balimau merupakan budaya orang minang ketika menyambut bulan suci Ramadhan. Balimau artinya menyucikan diri. Menyucikan diri di sini maksudnya membersihkan rohani kita dari hal-hal yang merusak pusa.

Biasanya kegiatan balimau ini dilakukan dengan saling berkunjung. Berkunjung saling memaafkan satu sama lain. Seluruh handai tolan, karib kerabat. Mereka saling mendekatkan silaturrahmi. Tujuan selama menjalankan ibadah puasa tidak ada hal yang mengganggu proses ibadah.

Kegiatan membersihkan masjid dan pandam kuburan juga merupakan kegiatan balimau. Dengan bersihnya masjid berarti kita telah menjaga kesucian tempat ibadah kita. Hail ini juga meningkatkan kekhusukan dalam ibadah.

Hubungan silaturrahmi dengan para leluhur dan saydara kita yang meninggal juga perlu dijaga. Kita membersihkan pandam kuburan dan mendo'akan mereka kepada Sang Pencipta. Semoga mereka tenang dan berada di sisi-Bya surga Jannatul Firdaus.

Ada juga yang menyambungkan silaturrahmi dengan berwusata. Bisa wusata biasa bisa juga reliji. Kebersamaan mereka di tempat wisata dapat mengendorkan otot-otot dan syaraf-syaraf yang tegang dan kaku. Jadi mereka bisa melaksanakan puasa dalam keadaan fit.

Selamat berpuasa Ramadhan 1443 H. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan. Aamiin Yaa Rabb!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post