JUFRIYADI, M.Pd

Seorang anak petani dari sebuah desa kecil di Kota Payakumbuh yang mengabdi sebagai pendidik di Kab. Pesisir Selatan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Bila Usia Semakin Tua

Bila Usia Semakin Tua

#TantanganGurusiana ke 258

#Kolom

Banyak orang berharap untuk panjang umur, tapi tidak sedikit pula yang merasa risih menjadi tua. Semua orang yang beruntung mendapatkan nikmat panjang umur, maka sekalian juga akan melalui masa tua. Ingin panjang umur berarti ingin untuk hidup lebih lama. Risih menjadi tua karena ada rasa kecemasan bila makin tua akan banyak susahnya.

Masalah umur manusia merupakan rahasia Allah Swt. Tidak ada yang tahu siapa-siapa yang berumur panjang atau berusia pendek. Merupakan suatu keistimewaan bila seseorang berusia tua. Hadist nabi Saw, "Sebaik-baik kalian adalah yang panjang umurnya dan baik amalnya". (HR At-Tarmidzi).

Bila ternyata usia semakin tua, rasakan itu sebagai suatu nikmat. Tidak perlu khawatir bila usia semakin tua. Hilangkan pikiran negatif terhadap usia lanjut. Tak selamanya tua itu menyusahkan. Syukurilah berbagai kelebihan bila menjadi semakin tua.

Karena itu senantiasalah usia yang panjang diisi dengan amal ibadah dan kebaikan-kebaikan. Namun kualitas umur tidaklah ditentukan oleh panjang atau pendeknya, tapi lebih ditentukan oleh kualitas amal yang diperbuatnya semasa hidup. Karena itu yang lebih penting adalah baik amalnya. Bisa jadi ada yang usianya tidak panjang tetapi penuh dengan keberkahan dan kehidupannya.

Dengan demikian yang terpenting itu bukan usia panjang, akan tetapi keberkahan usialah yang lebih utama. Bagusnya amal ibadah, akhlaq serta karya yang bermanfaat bagi generasi sesudahnya merupakan indikasi keberkahan itu.

#BerlatihTerusMenulis

15/09/22

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang keren pak

16 Sep
Balas

Terimakasih buk sudah mampir. Salam literasi

16 Sep



search

New Post