JUFRIYADI, M.Pd

Seorang anak petani dari sebuah desa kecil di Kota Payakumbuh yang mengabdi sebagai pendidik di Kab. Pesisir Selatan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Selamat Menjalani Masa Purnabakti, Bu Kepsek!

Selamat Menjalani Masa Purnabakti, Bu Kepsek!

#TantanganGurusiana ke 241

#Kolom

Seperti biasa setiap Senin diselenggarakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di sekolah. Saya yang sejak beberapa hari kemarin tidak hadir ke sekolah karena sakit, hari ini berusaha untuk hadir. Untung saja sudah merasa agak lebih baik. Informasi dari Wakasek bahwa hari ini adalah jadwal saya jadi pembina upacara. Tapi kemudiannya saya pikir untung saja saya menolak karena baru saja pulih dari sakit.

Ternyata kemudian yang bertindak sebagai pembina upacara jadinya adalah Bu Kepsek, Hj. Etmi Yuldani, S.Pd. Dalam bagian amanat beliau dikatakan bahwa hari ini adalah hari terakhirnya jadi pembina upacara selaku Kepala Sekolah. Kamis, 1 September besok beliau sudah akan menjalani masa purnabakti. Walaupun sudah pada hari-hari terakhir masa tugas beliau yang mendekati 40 tahun itu, wejangan beliau masih tetap penuh semangat dan penuh kepedulian. Seakan masa tugasnya masih lama lagi, padahal tinggal lagi dalam hitungan jari sebelah tangan.

Masa lebih kurang setahun di UPT SMPN 1 Batang Kapas, beliau berhasil menggerakan semua warga sekolah hingga mampu mengukir banyak prestasi yang membanggakan. Kepemimpinan penuh energik yang ditularkannya selama itu seperti menginspirasi seluruh warga sekolah untuk menjadi lebih baik. Seluruh guru dan siswa seakan terhipnotis dengan prilaku kepemimpinannya yang sangat tegas namun penuh kesantunan. Saya sendiri Sepertinya tidak merasa kalau ternyata masa tugasnya sudah akan berakhir.

Sebagian besar masa tugasnya yang mendekati 40 tahun itu, beliau baktikan sebagai guru di SMPN 1 Batang Kapas. Sampai akhirnya beliau diangkat jadi Kepala Sekolah selama hampir 7 tahun pada dua sekolah yaitu SMPN 4 dan SMPN 2 Batang Kapas. Dalam masa itu, dengan kompetensinya sebagai Kepala Sekolah, ketika bertugas di SMPN 2 Batang Kapas beliau mampu meraih juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun 2018.

Kemudian sejak setahun yang lalu, beliau dimutasikan kembali ke UPT SMPN 1 Batang Kapas dan memimpin sekolah ini sampai habis masa tugasnya pada akhir Agustus 2022 ini. Walaupun hanya setahun kurang, tapi mampu meninggalkan kenangan yang sangat berkesan. Selamat menjalani masa purnabakti bu guru dan bu kepala sekolah kami. Semoga semua baktimu sebagai Aparat Sipil Negara menjadi amal ibadah jariyah di sisi Yang Maha Kuasa. Sosok inspiratifmu akan senantiasa mewarnai langkah kami dalam tugas selanjutnya.

#BerlatihTerusMenulis

29/08/22

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post