Juita, S.Pd

An English Teacher at SMP N 1 Peusangan Selatan, Bireuen. Aceh...

Selengkapnya
Navigasi Web

5 Kesulitan Menulis beserta Solusinya

5 KESULITAN MENULIS BESERTA SOLUSINYA

5 Kesulitan menulis :

1. Jarangnya membaca merupakan kendala dalam menulis. Kita cenderung sulit mengeluarkan ide-ide yang ada karena kita jarang memanfaatkan sedikit waktu untuk membaca.

2. Dengan jarangnya membaca, kita seringkali juga menjadi jarang menulis. Menulis menjadi suatu hal yang sangat sulit di lakukan.

3. Dengan berbagai kegiatan yang ada di sekolah dan di rumah, kita seringkali tidak punya waktu untuk menulis. Di sekolah kita di sibukkan dengan mengajar dan berbagai kegiatan lainnya, di rumah kita di sibukkan dengan kegiatan ibu rumah tangga, kita hampir tidak punya waktu untuk menyiapkan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga.

4. Sulitnya menyusun kata-kata yang baik dan benar merupakan suatu kendala juga dalam menulis, kegiatan menulis kita sering kali terhambat ketika kita hendak menulis dengan kata-kata yang baik dan mudah di pahami.

5. Lingkungan kita di kelilingi oleh orang-orang yang tidak suka menulis. Dalam menulis kita juga membutuhkan orang-orang yang dapat memotivasi kita dalam menulis.

Berikut solusi-solusinya yang bisa kita terapkan:

1. Sesibuk apapun kita, kita harus mempunyai sedikit waktu untuk membaca, setidaknya kita harus selalu mengupgrade ilmu pengetahuan kita berdasarkan perkembangan zaman. Dengan membaca kita bisa mengetahui apa yang kita belum ketahui menjadi tau. Dengan seringnya kita membaca, minat menulis juga bisa timbul dengan sendirinya. Keinginan menulis menjadi suatu inspirasi berdasarkan apa yang kita baca.

2. Dengan seringnya kita membaca, kita jadi terbiasa membaca kata-kata yang baik dan mudah dipahami. Kendati demikian bukankah kegiatan kita hanya menulis, kita bebas menulis apa saja yang ada di benak kita. Kita tidak perlu memikirkan bagaimana menyusun kata-kata yang baik dan mudah dipahami, karena setelah kita menulis, karya kita akan melewati proses editing terlebih dahulu.

3. Lingkungan memang menjadi salah satu motivasi kita dalam menulis, tapi dengan kemauan yang tinggi untuk menulis, dimana pun kita berada menulis bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap. tulisan yang sangat bagus. Lanjutkan!

21 Nov
Balas

Alhamdullillah, Insya Allah I will try it.

21 Nov
Balas



search

New Post