Hj. Juliesti

Guru dan Koord. Green School~ SMPN1 Lima Puluh Kab. Batu Bara Sumatera Utara. Penggiat Literasi Kab. Batu Bara. Pengurus bid. Diklat IPPSU. Pengurus bi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Miniatur cantik  ala rumbia ( Tantangan Hari ke 2)

Miniatur cantik ala rumbia ( Tantangan Hari ke 2)

Perpustakan daerah dengan rumah adat khas melayu Batu Bara menambah keindahan pandangan mata bagi semua pengunjung. Betapa tidak diduga jika bahan dasar dari bangunan itu adalah dari batang rumbia.

"Kami sengaja mendesain bahan dasar rumah mini itu dengan batang rumbia, sebagai contoh bagi masyarakat umum untuk memanfaatkan sumber daya alam sekitar bagi keperluan apa pun. Jika ada batang ini mengapa harus memakai bahan kayu yang mahal." pungkas ibu Sri pegawai tetap di museum itu.

Bagaimana membuatnya, mengolah kayu khas Batu Bara, menyusunnya menjadi miniatur yang indah perlu tangan-tangan yang terampil dan gigih. Batang rumbia yang sudah dibersihkan lalu dipotong sesuai ukuran yang sudah diatur. Tentu dengan perendaman selama beberapa malam sebelumnya.

Semua proses pembuatan itupun dijelaskan oleh seorang pria separuh baya dengan rinci telah menyandera imaginasi kami di penghujung sore itu. Yah, ternyata rumbia itu juga menjadi pilihan utama pengrajin daerah Batu Bara. Semoga menginspirasi bagi yang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post