Jumari Tito, S.Pd, M. Pd

Seorang guru Madrasah Ibtidaiyah AL-Amin Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Jawa Timur, mengabdi untuk Agama dan negara semata-mata mencari Ridho Allah SWT...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bawang merah, Petai dan Jengkol Penambah nafsu makan (T.109)

Bawang merah, Petai dan Jengkol Penambah nafsu makan (T.109)

Setiap kali selera makan berkurang atau nafsu makan turun bukan karena sakit atau terserang penyakit, atau karena menu makanan biasa-biasa saja tidak menggugah selera makan walaupun ada lauk pauk cukup komplit di meja makan tapi kalau namanya selera tidak mood, yaa cari menu yang menurut saya enak untuk di makan. maka pertolongan pertama pada ketidaknafsuan makan yang saya lakukan adalah mencari tiga benda di kulkas yaitu bawang merah, Petai dan Jengkol (kalau ada).

Hal yang pertama yang saya lakukan adalah mengambil bawang merah secukupnya dikupas kulit luarnya kemudian di iris-iris tipis walau air mata bercucuran seperti air mata kesedihan yang ditinggal kekasih hati belahan jiwa cie....cie...cie, kemudian saya panaskan penggorengan dengan api kompor sedang dan saya masukkan irisan bawang merah ke dalam minyak goreng yang panas di aduk-aduk agar tidak menggumpal jika berwarna kuning keemasan ditiriskan, setelah dingin bawang goreng di tabur ke sepiring nasi hangat siap untuk di santap, disinilah saya merasakan nikmatnya makan walau hanya dengan bawang goreng semata wayang, sederhana kan menambah nafsu makan?

Kedua, perlakuan kepada Petai yang mempunyai aroma pesing yang menyengat karena kandungan hexathionine, tetrathiane, trithiolane, pentathiopane, pentathiocane dan tetrathiepane. selain itu, petai mengandung konsentrat asam amino yang tinggi dan menghasilkan metana (penghasil kentut) dalam tubuh, karena bau pesing inilah selera makan saya bertambah terus, kebetulan di desa saya kalau Petai cukup banyak tersedia dari hasil kebun sendiri, kalaupun tidak ada tinggal minta ke tetangga sebelah hehehe... bagaimana cara mengolahnya? kalau saya sih hanya dibakar di atas kompor sampai kulitnya gosong atau saya rebus dulu kemudian saya beri garam secukupnya dengan di tambahi sambal mentah (mata) pakai terasi yaaa mantul sekali.

Ketiga, Jengkol salah satu penggugah nafsu makan alternatif artinya jika ada jengkol di kulkas cukup banyak persediaan pasti saya rendang, Jengkol kalau di daerah saya cukup banyak tersedia tapi harus beli dengan harga yang relatif murah ketimbang di kota yang harganya melangit, terkadang ada tetangga yang mengantarkan jengkol 2-3 kilo, maklumlah kalau di desa rasa kepeduliannya cukup tinggi. Aroma jengkol tidak se pesing petai menurut saya, Jengkol kaya dengan kandungan akrbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, dan saponin juga asam jengkolad sebagai penyumbang terbesar dalam pemberian aroma pesing. Bagaimana cara mengolahnya? Jengkol yang baru dipetik dikupas kulitnya terlebih dahulu kemudian di rendam dengan air bersih selama 48 jam dengan syarat harus ditutup karena asam jengkoladnya akan keluar kemana-mana. dua hari kemudian jengkol di cuci kembali dengan menggunakan air bersih, selanjutnya jengkol mentah di masak dengan air mendidik 1 jam agar teksturnya empuk tapi kalau jengkolnya masih muda akan mempunyai rasa yang pahit walau di masak sekalipun. Setelah jengkol di tiriskan buatlah bumbu rendang padang dan masukkan jengkol ke dalam wajan yang telah di beri bumbu di aduk-aduk beberapa menit dan siap di hidangkan.

Nah itulah tips penambah selera makan ala saya, Kalau Ibu/Bapak/Saudara dengan cara apa untuk menambah nafsu makan? asal jangan menu rupiah ya hahaha.... salam sukses untuk semuanya!

===================================================================

Garahan, 30 Maret 2024/18 Ramadhan 1445 H, 00.57

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Penggugah selera memang hehe.... Kalau saya sambal terasi hihi....

30 Mar
Balas

Wih mantap sama2 pecinta terasi

30 Mar

Mantul....sehat dan sukses selalu pak

30 Mar
Balas

Terima kasih

30 Mar

Luar biasa inspiratif Gus

30 Mar
Balas

Terima kasih Gus hadirnya yang selalu menginspirasi

30 Mar

Hahaa.. kok kt 1 selera p gr. Sayangnya di rmh cm sy yg doyan.

30 Mar
Balas

Hahaha kalau gitu bund, saya juga sendiri yang paling suka, yang lainnya tidak mau

30 Mar

nyam nyam nyam. sangat nikmat sekali sepertinya. bisa di coba resepnya. terimakasih

30 Mar
Balas

Hahaha Monggo bund, kebetulan sekarang bumbu di dapur relatif banyak, segera di eksekusi, terima kasih hadirnya bunda fifit

30 Mar

Saya juga suka ketiganya. Mantap.

30 Mar
Balas

Hahaha satu frekuensi bunda, salam sukses

30 Mar

Sangat edukatif pak

04 Apr
Balas



search

New Post