Jumrawatyy

Pemilik Salah dan Khilaf yang Bertanggung Jawab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Adam, Pahlawan Muda Tarbiyah Islamiyah

Adam, Pahlawan Muda Tarbiyah Islamiyah

Jejak langkah mulai diayungkan, menjemput setiap kejutan ditiap perguliran waktu. Sountrack Asmaul Husna menyambut hangat kedatangan kami hingga ke hati, mengantar ke zona alfa menawarkan kekhusyuan, keramahan guru-gurupun mulai menyambut penuh binar, berbincang satu-dua-tiga hal sebelum mereka membawa jiwa-raganya dalam kehidupan anak-anak yang menunggu di kelas.

Aku juga beranjak dari ruang bincang dengan Kepala Madrasah Ibu Maskunah, S.Pd.I menuju lantai dua (2) menghampiri kelas tiga (3) sebagai salah satu Kelas Model. Ada yang ingin kusaksikan di Kelas Model tersebut, sebuah Rak Ceruk Ilmu yang bertengger di pojokan ruangan dengan warna-warninya. Sebentuk bantuan dari Dompet Dhuafa sebagai bagian pendukung program Sekolah Literasi Indonesia. Buku-bukupun rapi menjejeri tiap tingkatannya hingga tanpa terasa jam pembelajaran menunjukkan tandanya, kelas dimulai depan kegiatan literasi, anak-anak yang berdomisili di kelas tiga (3) ini dipersilahkan mengambil buku bacaan, sontak saja mereka berhamburan, berebut memilih buku yang disukainya.

Sejurus kemudian semua sudah di posisi nyamannya masing-masing, ada yang nyender di dinding dengan beralaskan karpet yang telah di sediakan, ada yang mojok dekat lemari, ada yang berkelompok, ada yang menyendiri. Sebuah hal baru memang menawarkan sensasi yang haru. Anak-anak ini begitu antusias, semuanya saling berebutan menyaringkan suara bacaanya, hingga nyaris tak ada yang ada makna yang teratangkap oleh dengar kita.

Namun ditengah ada kebaruan ada pula yang berbeda, adalah Adam namanya. Di hamparan hingar-bingar semangat dan deru suara teman-temannya yang saling bersahutan, Ia terlihat begitu menikmati bacaanya, dengan kening yang sedikit mengkerut, mata yang tajam seolah menembus makna tiap deretan huruf, dan bibir yang tak berkomat-kamit menarikku mendekatnya, mengambil gambarnya dan antiknya dia sama sekali tak bergeming. “Pahlawan Muda” buku di genggamannya, aku mendekat dan memotong keseriusannya.

“aku juga mau baca buku ini dong” sambil memegang ujung buku dan melihat perubahan ekspresi adam

“yaaa, aku belum selesai bacanya je bu.” Tolak adam pelan

“tapi Ibu juga penasaran bacanya, gimana dong?” Adam tersenyum kecut, mengehentikan bacaanya.

Aku mengambil buku yang mulai melemah dari genggamannya melihat-lihat “emang ceritanya ini tentang apa, coba ceritakan ke ibu” kataku sembari mengambil posisi duduk disamping adam.

Adam hanya tersenyum malu-malu sebagai jawaban

“Adam pasti mau jadi pahlawankan? tanyaku lagi, disambung dengan gelengan Adam.

“jadi pahlawan nggak baik yah?” aku mencoba memancing yang dijawab lagi dengan gelengan lebih cepat.

“lahh, terus kenapa nggak mau jadi pahlawan?”

“bahaya bu, harus nangkap penjahat” kata adam, mulai bercerita perlahan-lahan. Tentang 2 anak SD yang bersahabat dan bagaimana petualangannya mengungkap kejahatan, aku menyimak dengan harapan bahwa anak-anak ini hanya butuh diarahkan. Benar bahwa tak ada anak yang bodoh, hanya masalah waktu, hanya soal cara, hanya butuh orang dewasa mengambil peran mendidik.

“Adam, menjadi pahlawan itu nggak berat loh, nggak harus nangkap penjahat, gimana kalau disekeliling kita nggak ada penjahat, kita nggak bisa jadi pahlawan dong. iya ngga?" paparku disambut anggukan Adam

“kalau Adam rajin belajar, mama seneng nggak?”, “seneng” kata Adam dengan anggukan

“kalau Adam rajin ke sekolah, bapak seneng nggak?”, “iya, seneng” angguk adam lagi

“kalau disekolah, Adam sering nggak membantu teman-temannya?” “iya, sering bu”

"Berarti Adam adalah Pahlawan, Pahlawan Muda dari Tarbiyah Islamiyah."

Adam tersenyum, matanya memancarkan keyakinan "Aku adalah Pahlawan".

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post