junita christina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

minat baca

KURANGNYA MINAT BACA

DIKALANGAN MASYARAKAT

s

emakin bayak seseorang memperoleh informasi dan pengetahuan, semakin banyak pula dia membaca. Buku adalah sumber dari ilmu pengetahuan teknologi dan informasi, tanpa harus mengelilingi dunia seseorang dapat menjelajahi dunia lewat membaca.

Membaca merupakan suatu budaya, akan tetapi apabila budaya itu tidak dipupuk / dibina maka akan minimnya minat baca dikalangan masyarakat kita. Budaya dipengeruhi juga oleh situasi umum seperti :

1. Kondisi Sosial Budaya, yang mana masyarakat kita lebih banyak berceritera atau menonton sinetron dari pada membaca.

2. Kemajuan Teknologi Informasi dan komunikasi, sejalan dengan kemajuan teknologi dan informasi maka semakin banyak layanan yang dapat kita peroleh lewat media tersebut. Seharusnya dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi ini orang lebih mudah untuk mendapatkan informasi namun terkadang orang salah menggunakan fasilitas ini dengan hanya mencari hiburan saja misalnya bermain game, atau menonton film dan mendengarkan musik.

3. Kondisi Ekonomi, tidak bisa dipungkiri juga bahwa salah satu penyebabnya kurang minat baca disebabkan juga karena faktor ini. Bagaimana mungkin seseorang bisa memperoleh buku atau sumber bacaan lainnya apabila tidak ada uang untuk membeli, sementara uang yang ada hanya cukup untuk kebutuhan makan/minum sehari-hari.

4. Kemampuan membaca, yang dimaksudkan disini adalah kecepatan menganaliasa suatu tulisan, apabila sumber bacaan yang dibaca menggunakan bahasa dan istilah-istilah yang tinggi sementara daya cerna masyarakat rendah otomatis masyarakat juga enggan untuk membaca.

5. Ketrampilan membaca, disini jelas terlihat bahwa masyarakat itu belum pandai membaca karena faktor rendahnya pendidikan.

6. Sikap masyarakat, jelas terlihat bahwa masyarakat tidak menaruh perhatian untuk membaca malah mereka menganggap buang-buang waktu saja untuk menghabiskan suatu bacaan.

7. Sumber bacaan, kurangnya sumber bacaan yang diminati masyarakat setempat.

Dalam hal ini sumber bacaan harus disesuaikan dengan kondisi / lingkungan setempat. Apabila masyarakat itu berada di daerah perkotaan maka sumber bacaannya harus sesuai dengan kondisi setempat misalnya bagaimana pemanfaatan pekarangan yang sempit sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, penataan rumah minimalis tanpa halaman, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kehidupan di daerah perkotaan.

Kalau masyarakat itu berada di pedesaan harus disesuaikan dengan kondisi setempat, misalnya buku atau bahan bacaan tentang pertanian atau perikananan yang dapat menjadi bahan panduan untuk masyarakat bercocok tanam tanam atau membudidayakan ikan. Begitu pula untuk lingkungan anak-anak juga perlu dilengkapi reverensi buat anak-anak misalnya buku atau majalah atau komik lainnya.

8. Layanan perpustakaan dan Taman Bacaan Masyarakat.

Belum tersedianya layanan perpustakaan dan taman bacaan baik berupa perpustakaan keliling, perpustakaan terapung.

9. Promosi Gemar membaca.

Mungkin salah satu faktor ini juga mempengaruhi proses gemar membaca dikalangan masyarakat, karena itu pihak pemerintah dalam hal ini PAUD DIKMAS harus bisa mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat luas akan pentingnya membaca.

Menjawab permasalahan yang ada tadi maka, perlu adanya pengembangan budaya baca melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Pemerintah harus bisa malihat dengan jeli daerah-daerah atau wilayah mana yang perlu dijamah / disentuh lewat sarana tadi.

Dengan adanya taman bacaan atau layanan berupa perpustakaan keliling atau terapung mungkin bisa memberikan motifasi kepada masyarakat kita untuk merubah kebiasaan ngerumpi atau menonton sinetron dengan kebiasaan membaca. Masyarakat tidak perlu merasa terbeban untuk membeli bahan bacaan, tidak harus membuang-buang waktu untuk jauh-jauh mencari sumber akan tetapi mereka yang dikunjungi. Dengan demikian masyarakat merasa disentuh dan dengan senang hati mereka akan mencari bahan bacaan mana yang mereka mau, apalagi kalau bahan bacaan disesuiakan dengan kebutuhan mereka.

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di www.junitachristina.blogspot.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

good write bu junita sukses selalu

29 Jan
Balas



search

New Post