Jurtawani

Ibu dari tiga orang anak berprofesi sebagai guru kelas di MIN 6 Banda Aceh. Menulis adalah hobby yang dilakukan disela kesibukan sebagai pendidik sekaligu...

Selengkapnya
Navigasi Web
KEHIDUPAN ANAK MONDOK, Pentigraf

KEHIDUPAN ANAK MONDOK, Pentigraf

Kehidupan anak mondok memang nano-nano rasanya. Mulai dari senang, susah, suka, maupun duka kerap menghampiri. Jauh sebelum subuh datang, aku harus sudah siap. Ya, menyiapkan diri untuk hadir di musalla sebelum azan berkumandang. Mata sangat berat untuk diajak melihat alam sekitar, saat terdengar grasa grusu selimut dari teman-teman sekamar mata wajib segera dibuka. Kalau tidak, sanksi berat yang harus diterima.

Dengan bermalas-malasan menuju kamar mandi. Aku melihat antrian panjang, aku berada pada urutan terakhir. Inilah yang sering terjadi dengan diriku, aku hampir setiap pagi kena sanksi dari ustad karena terlambat masuk musalla. Seperti biasa, karena antrian terlalu panjang, aku memutuskan duduk di pojok ruangan. Kain sarung yang selalu setia menemani aku tarik sampai ke kepala.

Sekarang aku bebas, aku akan ke sawah menikmati pemandangan indah di sana. Rasa penat selama mondok ingin ku hempas. Setidaknya aku tidak harus terikat dengan segudang hafalan yang mesti ku selesaikan. Ya aku akan berlari dan melompat sesuka hatiku, tanpa ada yang mengatur harus begini dan begitu. Aku lelah dengan peraturan itu. Aku akan terbang bebas layaknya burung di sana. Ketika aku asyik memandang burung yang berterbangan, aku mendengar suara gemuruh yang sangat dasyat, “hoiiii, bangun mandi, nanti kena sanksi lagi, gak kapok-kapok sih kamu”, teriak Ali yang membuatku terperanjat dari angan yang hanya singgah sebentar.

BNA, 20 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

ha..ha., mantap pentifgrafnya..kehidupan pondok yg menyenangkan

20 Jul
Balas

Keren Bun

20 Jul
Balas

Terima kasih bu

20 Jul



search

New Post