KAK MANSUR

Muhammad Mansur, M.Pd.I atau sering disapa dengan Kak Mansur adalah seorang kepala madrasah di RA/DTA Darussalam, juga sebagai Dosen di STITNU Al Farabi Pangand...

Selengkapnya
Navigasi Web
5 Kegiatan Positif menjadi Guru Produktif (Tantangan Hari ke-3

5 Kegiatan Positif menjadi Guru Produktif (Tantangan Hari ke-3

Dulu banyak guru yang berangkat dari pagi pulang siang / sore. Mereka melakukan aktivitas yang sama yaitu mengajar. Saat ini guru tidak melaksanakan rutinitas berangkat pagi pulang siang atau sore tapi karena cukup melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan HP atau laptop. Tentu, bagi guru yang melek IT, ini menjadi di hal yang menantang juga mengembang menggembirakan karena tidak harus berangkat pagi pulang siang atau sore. Hal ini menyebabkan waktu luang para guru semakin banyak. Tentu waktu luang yang ada harus digunakan kan dengan produktif sehingga waktunya bisa lebih bermanfaat.

Di antara 5 hal positif yang bisa dilakukan oleh guru agar menjadi guru yang produktif diantaranya:

1.MENULIS

Kegiatan menulis adalah hal yang baik yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengisi waktu luang yang ada. Guru bisa menulis apapun yang bermanfaat baik itu tentang pengalamannya ataupun berbagi ilmu yang bisa memberikan pencerahan untuk banyak orang. Syukur syukur jika tulisannya bisa dibukukan sehingga guru mempunyai karya nyata yang bisa dilewati oleh banyak orang. Maka mulai hari ini dan seterusnya mulailah menulis dan berkaryalah lewat tulisan.

2. MEMBUAT MATERI / VIDEO PEMBELAJARAN

Di masa pandemi ini tentu guru dituntut untuk lebih kreatif salah satunya yang bisa dilakukan oleh guru adalah dengan membuat materi atau video interaktif yang bisa di-share di grup-grup wali murid bisa di-upload di media sosial atau YouTube sehingga karya kita bisa lebih bermanfaat untuk banyak orang. saat ini banyak sekali aplikasi aplikasi sederhana yang ada di HP yang bisa digunakan oleh guru untuk membuat materi atau video interaktif pembelajaran sehingga walaupun pembelajaran jarak jauh anak-anak akan tetap senang belajar dari rumah.

3. LAKUKAN HOBI POSITIF

Guru juga bisa melaksanakan apa yang menjadi hobinya tentu api yang positif. Jika guru mempunyai hobi memasak maka guru bisa mengembangkan skill memasaknya. Mempunyai hobi menyanyi, maka guru bisa bernyanyi my dan memberikan hiburan untuk banyak orang. Jika dikembangkan maka itu bisa menjadi pendapatan tambahan.maka mulai hari ini pahami apa yang sering kita lakukan dan apa yang menjadi hobi kita. Tetap fokus dan kembangkan hobi itu sampai suatu saat nanti hobi itu bisa bernilai jual. Karena profesi paling indah itu adalah hobi yang dibayar.

4. IKUTI KELAS ONLINE

Dimasa pandemik banyak sekali lembaga-lembaga yang membuka kelas online dengan biaya gratis. untuk itu guru-guru bisa menggunakan fasilitas-fasilitas atau media yang ada untuk terus belajar belajar tentang banyak hal utamanya upgrade ilmu berkenaan dengan pembelajaran, pendidikan, edukasi si dan lain-lain

5. MULAILAH BERBISNIS

Banyak para guru yang akhirnya melakukan ini. Alasannya adalah selain untuk mengisi waktu luang tapi juga untuk menambah penghasilan. Terutama bisnis yang saat ini makin banyak diminati oleh orang adalah bisnis edukasi. Kenapa bisa demikian? Karena banyak sekali orang tua yang membutuhkan media bermain dan belajar untuk putra-putrinya di rumah. Selain itu bisnis di bidang ini mempunyai target market yang besar. Entah berapa ribu lagi guru atau orang tua yang membutuhkan permainan ini. Terbukti banyak guru-guru yang sudah bergabung dengan hijaz edu team untuk turut manusia Arkan tentang permainan edukasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bu guru yang kreatif ...

09 Jun
Balas

Mantap

08 Jun
Balas

Kereen banget, sarannya Kak....

08 Jun
Balas

Guru kreatif

09 Jun
Balas



search

New Post