kana usy

Pendidik di SDN 35/X Simbur Naik...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ceri di Depan Rumahku Tiba-tiba Viral

Obat Herbal

Ditulis Oleh : Kana Ukhtushagirayani, S.Pd

Hari ini entah sudah berapa orang yang meliriknya, sepertinya punya daya pikat tersendiri. Bahkan terkadang sambil menyentuh daunnya. Keberadaan pohon ceri itu sebenarnya sudah cukup lama. Namun saya sendiri tidak terlalu perduli karena baru kali itu melihat pohon ceri.

Dulu masih sangat kecil sekali saat dibawak kakak iparku dari salah satu kampung di Provinsi Riau sana. Kesabaran mertuaku lah merawatnya hingga dia tumbuh subur seperti saat ini, hingga dia banyak dilirik orang yang lewat.

Mertuaku sering mengatakan pohon ini banyak mamfaatnya namun beliau sendiri tidak tahu apa saja mamfaat tersebut. Hingga suatu hari saya jatuh sakit, mungkin efek banyak bergadang membuat laporan pembelajaran daring selama pandemi covid 19 ini. Mertuaku pun mengambil daun ceri 5 lembar dan diseduh dengan air mendidih setelah dicuci bersih.

Alhamdulillah setelah minum ramuan tersebut dengan izin Allah badanku berangsur-angsur pulih, rasa sakit di tengkuk juga hilang. Saya jadi yakin kalau ceri ini memang benar-benar bermanfaat. Padahal buahnya yang masih muda sering dipetik anakku untuk dijadikan mainan. Benar kata orang bijak ya, "Bersifatlah seperti pohon rindang di tepi jalan. Walaupun dia sering dilempari bebatuan orang yang lewat namun dia membalas dengan buah yang manis". Masya Allah....benar-benar mulia jika kita dapat mencontoh sifat pohon tersebut. Eh....ko' jadi ceramah ya padahal awalnya cuman ingin bercerita tentang ceri.

Oke, saya kembali ke pembahasan semula ya. Sejak saat itu saya jadi sering browsing di Mbah google apa sih sebenarnya mamfaat ceri ini.

Menurut informasi yang saya baca (https://www.harapanrakyat.com), ceri ada juga yang menyebutnya talok, kersen, keres, kersem, baleci (Muntingia Calabura L).

Ceri mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin A dan C. Juga banyak mengandung mineral, seperti : kalsium, zat besi, fosfor, betakaroten, lianin, niacin, dan riboflavin. Senyawa Saponin, flavonioda, dan Tanin yang bersifat anti tumor, anti septik, dan anti inflamasi.

Adapun diantara manfaat ceri menurut yang sudah saya baca dari berbagai sumber dan diantaranya sudah dirasakan langsung ialah :

Meredakan dan mengatasi asam urat. Mencegah dan mengobati kangker. Mengobati luka dan infeksi. Meringankan dan mengontrol diabetes. Menyembuhkan penyakit karena bakteri. Mengontrol tekanan darah hipertensi. Menyembuhkan flu dan batuk. Menjaga kesehatan jantung. Menangkal stroke. Mengatasi peradangan. Mengatasi insomnia / obat tidur alami. Untuk diet dan menyegarkan tubuh.

Itulah beberapa manfaat ceri ya, semoga bermanfaat terutama buat yang sering mengkonsumsi. Namun, belum tahu pasti apa khasiatnya hanya merasa badan terasa enak setelah mengkonsumsinya.

#Obat_Herbal

#Coretan_menjelang_maghrib

Desa Simbur Naik Kab.Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, 4 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Segala yg diciptakan selalu saja ada manfaatnya

04 Jul
Balas

Masya Allah Say.Selain takjub dengan manfaat si Pohon Cery, saya juga takjub dengan rangkaian kalimat penulisnya.Salam literasi.

04 Jul
Balas

Wah... Pohon karsen saya sudah ditebang..

04 Jul
Balas

Kami disini masih langka yang punya pohon kersen.

06 Jul

Kami disini masih langka yang punya pohon kersen.

06 Jul

Kami disini masih langka yang punya pohon kersen.

06 Jul

Ya Bu, namun terkadang kita belum tahu manfaat nya.

04 Jul
Balas



search

New Post