Kang Guru

Kang Guru 03 Channel (Bantu Subscribe ya!)...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perubahan Kecil Cerdas Cermat
Piagam Penghargaan Cerdas Cermat Online

Perubahan Kecil Cerdas Cermat

Ada yang beda pada kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di sekolah kami tahun ini, kegiatan lomba cerdas cermat yang biasanya dilaksanakan monoton dengan bertatapan langsung antar peserta didik dengan juri. Kali ini saya berinisiatif melakukan perubahan kecil dengan format beda, Cerdas cermat Pengetahuan Agama Islam secara Online dengan menggunakan aplikasi/program quizizz. Alhamdulillah kegiatan ini direspon positif oleh peserta didik terbukti pada tangkapan layar hasil akhir sebanyak 231 aktif berpartisipasi. Jumlah soal sebanyak 100 butir dengan ketepatan 75% dikerjakan bersamaan selama 90 menit ditempat masing-masing.

Kalau selama ini cerdas cermat bersifat ekslusif yang hanya diikuti oleh peserta didik “cerdas” dari perwakilan kelas, maka dengan system CC Online semua peserta didik mempunyai kesempatan sama tidak ada dikhotomi kelas VII, VIII dan IX. Keinklusifan ini melahirkan keunikan tersendiri dengan melahirkaan juara yang tak terduga, karena peringkat 1-3 disapu bersih oleh kelas VII. Namun demikian kekurangan tetap ada, seperti siswa yang tidak punya HP, yang punya HP tapi tidak punya pulsa data, punya HP dengan pulsa tersedia namun jaringan ‘mlehoy’ dipastikan tidak bisa ikut CC Online. Hikmah dari kegiatan Cerdas Cermat Online peserta didik yang kebetulan tidak diajar oleh penulis jadi punya pengalaman menyenangkan, bahkan minta penulis untuk mengajar IPS di kelasnya. Karena mereka tahu bahwa selama ini kegiatan Penilaian IPS dilakukan secara masif dilaksanakan online di kelas, dan untuk latihan dilaksanakan di rumah. Perubahan kecil yang mudah-mudahan bisa berdampak besar. Selembar piagam dan satu buah hadiah buku diary, diberikan kepada peringkat 1-3 pada puncak kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ada senyum bahagia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post