karnadanasution

Karnada Nasution adalah seorang mahasiswa Pascasarjana program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary padangsidipuan disamping it...

Selengkapnya
Navigasi Web
Contoh soal AKMI Literasi Sosial-Budaya Jenjang MTs Tema Bencana Alam
Source : Info Pendidikan

Contoh soal AKMI Literasi Sosial-Budaya Jenjang MTs Tema Bencana Alam

Stimulus :

Ayu menonton berita di aplikasi youtube tentang terjadinya gempa bumi di Cianjur yang menyebabkan beberapa rumah mengalami rusak ringan, rusak sedang bahkan rusak parah akibat goncangan gempa dengan kekuatan 5.6 SR sehingga menyebabkan para korban terpaksa diungsikan ke tempat yang aman. Melihat kejadian itu Ayu merasa iba dan berempati atas peristiwa yang menimpa masyarakat Cianjur dan sekitarnya tersebut.

Ketika proses pembelajaran, Ayu bertanya kepada ibu guru “Bu guru, saya menonton video gempa bumi yang terjadi di Cianjur, saya sangat kasihan kepada para korban karena rumah mereka mengalami kerusakan.

“Itu tandanya Ayu memiliki rasa empati kepada sesama karena sebagai warga negara yang baik kita harus saling peduli dengan sesama tanpa memandang suku, agama, daerah maupun etnis nya” Sahut bu guru.

Jadi bu, kenapa ya bisa terjadi gempa? Tanya Ayu merasa heran.

Pertanyaan yang bagus. Sahut bu guru. Setidaknya ada lima faktor penyebab terjadinya gempa. Pertama, pergeseran lempeng bumi. Penyebab pertama ini juga sering disebut gempa tektonik. Kedua, aktivitas vulkanik. Yaitu bisa disebabkan letusan gunung merapi namun faktor ini tergolong relatif ringan dengan jangkauan wilayah terbatas. Ketiga, runtuhan. Runtuhan di daerah kapur ataupun pertambangan bisa mengakibatkan gempa ringan dengan jangkauan terbatas juga. Keempat, jatuhnya Asteroid. Faktor ini tergolong sangat jarang dan pengaruh yang disebabkan tergantung seberapa besar benda yang jatuh. Kelima, aktivitas manusia. Ternyata aktivitas manusia juga bisa menyebabkan terjadinya gempa seperti penggunaan bom peledak berkekuatan besar, nuklir dan peledak dinamit.

Sumber gambar : kompas.com

Gempa merupakan fenomena alam yang sering terjadi tidak hanya di Indonesia namun di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia khususnya, gempa terbesar pernah terjadi seperti di Aceh (2014) dengan kekuatan 9.1 SR dengan potensi tsunami, Padang (2009) 7.6 SR dan Yogyakarta (2006) dengan kekuatan 5.9 SR.

Nah, anak-anak itulah beberapa faktor penyebab terjadinya gempa mudah-mudahan sudah paham ya.

Soal 1.

Berdasarkan teks di atas, gempa terbesar yang pernah terjadi di Indonesia yang menyebabkan banyaknya kerusakan bahkan menyebabkan banyaknya korban meninggal adalah…..

a. Gempa Nias (2005) dengan kekuatan 5.1 SR

b. Gempa yogyakarta (2006) dengan kekuatan 5.9 SR

c. Gempa Padang (2009) dengan kekuatan 7.6 SR

d. Gempa Aceh (2014) dengan kekuatan 9.1 SR

e. Gempa Palu (2018) dengan kekuatan 7.7 SR

Kunci jawaban : D

Soal 2.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia bahkan seluruh penjuru dunia, jika ditelaah banyak faktor yang menyebabkan terjadinya gempa tersebut.

Pilih 3 jawaban yang merupakan faktor penyebab terjadinya gempa yang tepat di bawah ini :

1. Akibat pergeseran lempeng bumi

2. Runtuhan di daerah-daerah tertentu seperti kapur dan pertambangan

3. Ulah manusia mengotori lingkungan darat dan laut

4. Jatuhnya benda langit baik benda besar maupun benda kecil

5. Aktivitas vulkanik

Kunci jawaban : 1, 2 dan 5

Soal 3.

Berilah tanda (√) pada kolom benar atau salah dari beberapa pernyataan di bawah ini!

Pernyataan

Benar

Salah

Sikap yang ditunjukkan Ayu ketika melihat peristiwa gempa melalui media sosial membuatnya merasa iba dan berempati.

Dengan mengotori lingkungan hidup bisa mengakibatkan terjadinya gempa.

Aktivitas manusia bisa menyebabkan terjadinya gempa seperti penggunaan bom peledak berkekuatan besar.

Gempa terbesar dengan potensi tsunami mencapai 9.1 SR pernah terjadi di Indonesia.

Kunci jawaban : B, S, B, B

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, sukses selalu

22 Feb
Balas



search

New Post