Kartika Diah Hapsari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PELATIHAN MENGGUNAKAN APLIKASI PENGOLAH KATA DAN MENGGUNAKAN EMAIL PADA KEGIATAN EKTRAKULI

PELATIHAN MENGGUNAKAN APLIKASI PENGOLAH KATA DAN MENGGUNAKAN EMAIL PADA KEGIATAN EKTRAKULI

PELATIHAN MENGGUNAKAN APLIKASI PENGOLAH KATA DAN MENGGUNAKAN EMAIL PADA KEGIATAN EKTRAKULIKULER KOMPUTER UNTUK MENGENALKAN TEKNOLOGI INFORMASI

LATAR BELAKANG

Kemajuan ilmu teknologi semakin hari semakin pesat apalagi di dunia pendidikan, pada saat seperti ini pendidik dituntut untuk dapat menggunakan perangkat komputer untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh, tidak hanya tenaga kependidikan atau guru, siswa juga dituntut untuk dapat mengikut perkembangan teknologi apalagi di masa pandemi seperti ini yang menuntut guru maupun siswa dapat melakukan pembelajaran jarak jauh yang didukung oleh penggunaan berbagai aplikasi baik melalui smartphone atau dengan menggunakan perangkat komputer.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) meluncurkan program kegiatan tentang penggunaan akun belajar id yang dapat dimanfaatkan oleh guru maupun siswa untuk membantu proses pembelajaran jarak jauh. Untuk dapat melaksanakan program tersebut tenaga pendidikan (guru) dan siswa harus sudah dapat menggunakan perangkat komputer. Bertolak belakang dengan hal tersebut, masih banyak siswa di sekolah kami yang belum menguasai penggunaan perangkat komputer. Bahkan masih banyak juga siswa yang tidak tahu tentang perangkat-perangkat komputer. Apalagi memanfaatkan perangkat komputer untuk mendukung proses belajar mengajar. Oleh karena itu Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pakijangan 01 mengadakan kegiatan ektrakulikuler komputer.

Kegiatan ektrakulikuler komputer diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman belajar siswa tentang cara menggunakan perangkat komputer serta pemanfaatannya untuk menunjang proses pembelajaran. Pelaksanakan kegiatan ekstrakulikuler komputer ini merupakan salah satu sasaran daya dukung untuk mewujudkan visi sekolah yang ingin mewujudkan peserta didik menjadi “CERIA” (Cerdas, Mandiri dan Aktif) mengikuti perkembangan teknologi. Materi yang menjadi bahan pelatihan siswa adalah memanfaatkan software pengolah kata dan menggunakan email.

TUJUAN

1. Siswa dapat mengenal penggunaan email (surat elektronik)

2. Siswa dapat memanfaatkan software pengolah kata

TOLOK UKUR

1. Siswa mampu untuk membuat dan mengirim email.

2. Siswa mampu menggunakan software/ aplikasi pengolah kata

LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

Minggu 1 : konsultasi dengan kepala sekolah, teman sejawat dan komite sekolah

Minggu 2 : sosialisasai dengan siswa dan orang tua tentang kegiatan ekstrakulikuler

Minggu 3 : Pelaksanaan kegiatan ekstra kulikuler

Minggu 4 : Evaluasi hasil pelaksanaan

DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Dalam pelaksanakan kegiatan ekstrakulikuler ini melibatkan berbagai pihak diantaranya :

1. Dukungan kepala sekolah untuk memberikan izin menyelenggarakan kegiatan ektrakulikuler komputer.

2. Teman sejawat sebagai pembantu pelaksanaan program kegiatan ekstrakulikuler.

3. Komite sekolah sebagai pengawas jalannya kegiatan ekstrakulikuler komputer.

4. Orang tua siswa sebagai pendukung dan pengwas jalananya kegiatan ekstrakululer komputer.

5. Siswa sebagai objek yang menjalankan kegiatan ekstakulikuler komputer.

DESKRIPSI AKSI NYATA

Perkembangan teknologi informasi menyediakan berbagai aplikasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh secara daring. Untuk dapat menggunakan berbagai aplikasi tersebut, diperlukan registrasi dengan menggunakan akun email (surat elektronik). Selain sebagai media untuk memenfaatkan aplikasi-aplikasi pendukung proses pembelajaran sedara daring, akun email juga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi siswa, terutama dalam menulis surat.

Didasari hal tersebut sekolah menyusun kegiatan ekstrkulikuler komputer yang mengajarkan siswa untuk dapat membuat akun email sendiri dan menggunakan aplikasi pengolah kata. Akun email yang diajarkan memanfaatkan Google Mail (Gmail), sedangkan aplikasi pengolah kata menggunakan Microsoft Word. Output yang ingin dihasilkan adalah mengenalkan kepada siswa untuk membuat dan mengirim email serta dapat menggunakan aplikasi pengolah kata pada komputer. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat menulis siswa.

Untuk dapat membuat akun email, siswa harus didampingi orang tua atau menggunakan identitas orang tua dikarenakan ada penyedia layanan email yang mensyaratkan agar pengguna email minimal berusia 13 (tiga belas) tahun. Selain itu orang tua juga diharapkan dapat mengawasi anak-anaknya pada saat menggunakan internet. Dalam pelaksanaan kegiatan pemberian materi pemanfaatan aplikasi pengolah kata, siswa dituntut untuk dapat mengetik surat, puisi, paragraf atau artikel singkat melalui media komputer. Hasil pengetikan tersebut dikirim melalui akun email yang telah dibuat.

Pelaksaaan ektrakulikuler ini didukung oleh fasilitas yang dimiliki oleh sekolah. Sekolah sudah memiliki fasilitas perangkat komputer yaitu 6 buah komputer PC dan 2 laptop serta 2 proyektor LCD. Semua perangkat tersebut dalam keaadaan baik dan dapat digunakan. Sekolah juga telah menyediakan ruang laboratorium komputer yang masih sangat sederhana untuk penyimpanan dan pemanfaatan perangkat tersebut. Pemanfaatan perangkat komputer dan penggunaan laboratorium komputer untuk kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan pembagian jadwal siswa. Sebagai pilot project kegiatan ini, siswa kelas 5 SD diberi kesempatan untuk mengikuti ekstrakurikuler ini.

Kegiatan ekstrakulikuler komputer ini dilakukan secara tatap muka dengan siswa yang telah mendapat persetujuan kepala sekolah dan orang tua siswa. Alokasi waktu yang telah ditentukan yaitu 1 minggu untuk 3 kali pertemuan. Satu kali pertemuan dibagi dalam 2 sesi.1 sesi dihadiri paling banyak 6 siswa dengan durasi waktu pertemuan 45 menit. Mengingat keterbatasan perangkat, diharapkan 1 perangkat komputer dapat digunakan oleh 2 orang siswa dalam 1 sesi. Kegiatan ekstrakulikuler akan dilaksanakan selama 4 minggu mulai tanggal 30 November – 9 Januari 2021. Jadwal pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler komputer yaitu sebagai berikut :

Jadwal Kegiatan Ekstrakulikuler Komputer

No

KEGIATAN

KETERANGAN

HARI PELAKSANAAN

WAKTU PELAKSANAN

1

2

3

4

Pengenalan perangkat komputer

Pengenalan tentang cara membuat email

Pengenalan penggunaan miscosoft word

Mengirim email

- Siswa mulai melakukan praktik untuk mengenal perangkat komputer termasuk hardware

- Siswa mempraktekan cara membuat email menggunakan akun gmail.com

- Siswa mempraktekan mengetik cerita di miscrosoft word berupa pengalaman, poster,surat,atau pantun

- Siswa mengirimkan email dokumen berupa word yang telah di ketik kepada guru

- Senin, 30 November 2020

- Jum’at, 4 Desember 2020

- Sabtu, 5 Desember 2020

- Senin, 14 Desember 2020

- Jum’at, 18 Desember 2020

- Sabtu, 19 Desember 2020

- Senin, 4 Januari 2021

- Jum’at, 8 Januari 2021

- Sabtu, 9 Januari 2021

- Senin, 11 Januari 2021

- Kamis, 13 Januari 2021

- Jumat, 14 Januari 2021

Sesi 1 :

Jam 14.00-14.45 WIB

Sesi 2 :

Jam 15.00 – 15.45 WIB

Sesi 1 :

Jam 14.00-14.45 WIB

Sesi 2 :

Jam 15.00 – 15.45 WIB

Sesi 1 :

Jam 14.00-14.45 WIB

Sesi 2 :

Jam 15.00 – 15.45 WIB

Sesi 1 :

Jam 14.00-14.45 WIB

Sesi 2 :

Jam 15.00 – 15.45 WIB

HASIL AKSI NYATA

Hasil aksi nyata yang dilakukan selama empat minggu dalam melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler komputer yaitu :

1. Pembuatan email

Dalam pembuatan email siswa membawa fotokopi kartu keluarga (KK) sebagai acuan data dalam membuat email. Akun email atas nama orang tua dan siswa. Guru memberikan tutorial singkat atau memberikan video tutorial membuat akun email. Siswa melihat tutorial tersebut kemudian mengikuti dan mempraktikan langsung menggunakan komputer. Dari 36 siswa kelas 5 yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler komputer, sebagian besar sudah dapat membuat email sendiri. Berikut ini adalah data email yang telah di buat.

Tabel nama siswa dan nama email yang telah dibuat

No

Nama siswa

Nama email

1

A. Itmam Niam

[email protected]

2

A. Choirul Fikri

[email protected]

3.

A. Kafabihi Makrus

[email protected]

4.

Aldrich Alfarado

[email protected]

5.

Anang Okatavian

[email protected]

6.

Anggi Nurhidayah

[email protected]

7.

Dani

[email protected]

8.

Denis

tarmudiahmad02gmail.com

9.

Durotun

[email protected]

10.

M.Ibrahim Syafik

[email protected]

11.

Mita Sugiarti

[email protected]

12.

M. Fardan

[email protected]

13.

M. Akbar

[email protected]

14.

Muhni Alfatah

[email protected]

15.

M. Zidni Pratama

[email protected]

16.

Muti Septiana

[email protected]

17.

Nadita Aulia

[email protected]

18.

Nofia Silvi

[email protected]

19.

Rafif Iskham

[email protected]

20.

Rasyafiq Hadi

[email protected]

21.

Rina Fitriana

[email protected]

22.

Rini Fitriani

[email protected]

23.

Riska Amaliyah

[email protected]

24.

Sahiroh

[email protected]

25.

Salsabilla Julianti

[email protected]

26.

Selpi Apiska

[email protected]

27.

Siti

[email protected]

28.

Sunantia

[email protected]

29.

Fadil Hafis

[email protected]

30.

Azkiya

[email protected]

2. Aplikasi pengolah kata

Aplikasi pengolah kata Miscrosoft Word diperkenalkan kepada siswa agar dapat mengembangkan minat siswa untuk menulis. Setiap siswa diajarkan untuk mengetik menggunakan Miscrosoft Word berupa artikel, cerita pengalaman, pantun, puisi maupun surat pribadi. Siswa diajarkan juga untuk mengirim email kepada guru atau teman yang berisi dokumen yang telah dibuat. Pengisian pada email yang dikirimkan dilakukan dengan cara menyalin atau menulis kembali. Siswa diberi penjelasan perbedaan mengetik pada email dengan mengetik pada Miscrosoft Word. Hal utama yang dijelaskan adalah untuk menggunkan email harus terkoneksi dengan internet sedangkan untuk penggunaan Miscrosoft Word tidak memerlukan koneksi internet. Dari 36 siswa yang mengikuti kegiatan ini, sebanyak 30 siswa sudah dapat mengetik menggunakan Miscrosoft Word dan mengirim pesan menggunakan email. Sedangkan 6 siswa yang lainnya sudah bisa membuat email tetapi masih terkendala dalam penggunaan email.

Kegiatan ini merupakan pilot project untuk penyelenggaraan ektrakulikuler komputer yang akan diikuti oleh siswa dari kelas yang lain. Proses kegiatan ekstrakurikuler dapat berjalan dengan lancar karena siswa sangat antusias dalam mengikuti ekstrakurikuler tersebut, mereka sangat menyukai praktik komputer. Dukungan dari orang tua siswa juga ikut berperan dalam kegiatan ini.

PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER

Setiap program sekolah terutama kegiatan ekstrkulikuler komputer ini tidak bisa lepas dari 2 hal yang bertentangan yaitu kelebihan dan kekurangan. Dalam kegiatan ekstrakulikuler komputer ini memiliki kelamahan sebagai berikut :

1. Perawatan perangkat komputer yang mahal.

2. Gangguan koneksi internet.

3. Guru harus memberikan perhatian dan pengawasan yang lebih kepada siswa.

Sedangkan untuk kelebihan kegiatan ektrakulikuler komputer ini yaitu :

1. Kegiatan yang dilakukan dapat mengenal serta menggunakan perangkat komputer.

2. Dapat menjadi dasar untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi.

3. Dapat menjadi motinasi siswa untuk menumbuhkan minat menulis dengan memanfaatkan aplikasi pengolah kata.

4. Antusias siswa yang tinggi untuk mengikuti kegiatan eksrtrakulikuler.

Meskipun memiliki kelemahan dan kelebihan program ekstrakulikuler ini merupakan salah satu bentuk usaha untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Kegiatan ektrakulikuler yang sudah dilakukan selama 4 minggu dapat dikatakan sesuai tujuan yang diharapkan.

Dari hasil yang dicapai dapat dikatakan bahwa 80% kegiatan ektrakulikuler dapat berjalan dengan lancar dengan dukungan kepala sekolah dan kolabarasi dengan rekan guru serta dukungan orang tua siswa . Antusias siswa juga merupakan salah satu hal yang mendukung kegiatan ekstrakulikuler komputer dapat berjalan dengan baik.

RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG

Rencana perbaikan di masa mendatang yaitu perlunya meningkatkan kemampuan guru untuk mengikuti perkembangkan teknologi informasi. Apabila kemampuan guru ditingkatkan diharapkan guru dapat mengajarkan kepada siswanya. Kegiatan ektrakulikuler dapat terus dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan dengan menambahkan materi yang lebih lengkap dalam memberikan pengetahuan tentang perangkat komputer serta aplikasinya. Pelaksanaan kegiatan ektrakuliluker akan lebih efektif apabila sekolah telah diizinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Selain itu perlu untuk mengusulkan anggaran untuk pemeliharaan perangkat komputer.

DOKUMENTASI

Kegiatan ekstakulikuler komputer

Hasil email yang dikirim oleh siswa

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post