Penggunaan LCD untuk Menunjang Proses Pembelajaran
PENGGUNAAN LCD UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN
A. PERISTIWA (FACT)
LATAR BELAKANG
Sekolah memliki sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan-tujuan
pendidikan. Sumber daya pendidikan sekolah dapat di kelompokan menjadi 2 yaitu sumber
daya yang bukan manusia dan sumber daya manusia, Sumber daya yang pertama yaitu
Sumber daya bukan manusia yang meliputi sarana dan prasarana, lingkungan, kurikulum,
program sekolah. Sedangkan sumber daya yang kedua yaitu sumber daya manusia meliputi
kepala sekolah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat.Dengan menggunakan pendekatan
berbasis aset,maka sumber daya sekolah dapat dipetaan menjadi 7 modal utama . Melalui
pemetaan aset tersebut dapat memusatkan salah satu aset untuk dapat di kelola maupun di
kembangkan manfaatnya untuk mendukung proses pembelajaran.salah satu aset yang
dikembangkan dalam kegiatan ini yaitu sarana dan prasarana, karena sarana dan prasarana
sekolah merupakan instrumen yang penting untuk mendukung proses pembelajaran salah
satuya pemanfaatan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi menunjang proses
pembelajaran dengan memfasilitasi melaui sumber belajar dan dapat menarik perhatian siswa
untuk belajar.
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran telah ditegaskan pula oleh pemerintah melalui
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 78 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah
Bertaraf Internasioanal pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di dalam Bab II
Standar Penyelenggaraan, dalam Pasal 5 Ayat 2 menyebutkan bahwa “Proses pembelajaran
sebagaimana dimaksud ayat (1) menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi
informasi dan komunikasi, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan kontekstual.”
Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat dimanfaatkan lebih jauh untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang kelas dengan cara mengintegrasikannya ke
dalam kegitan ekstrakulikuler maupun sebagai pendukung pembelajaraan.
Dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, maka siswa dituntut aktif terlibat dalam
proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok misalnya kebebasan dan
keaktifan untuk mengakses informasi sebagai tambahan materi pelajaran yang sedang
dipelajari kapan pun dan di mana pun sehingga pengetahuan dan pemahaman siswa menjadi
semakin matang.
Dalam hal ini pemanfaatan TIK yang dimaksud adalah dengan memnafaaatkan fasilitas yang
telah disediakan oleh sekolah terutama laptop, LCD proyektor sebagai media pendukung
pembelaran. Proses pembeajaran dengan di bantu oleh laptop maupun LCD dan dukungan
internet mampu menarik minta siswa untuk belajar dengna media yang berbeda selain itu
siswa dapat mencari sumber belajar lain melalui internet sehingga pengetuan menjadi luas.
Tujuan
1. Terciptanya kondisi belajar yang interaktif dengan pemanfaatan teknologi
Tolok Ukur
1. Meningkatnya daya tarik siswa terhadap proses pembelajaran
Linimasa tindakan yang akan dilakukan (BAGJA)
1. Buat pertanyaan :Apa yang diperlukan untuk dapat mendukung kegiatan
pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi?
Yang diperlukan dalam mendukung kegiatan pembelajaran yang memanfaatakan
teknologi salah satunya penggunaan LCD proyektor, laptop, dan jaringan internet
untuk dapat mengakses materi.
2. Ambil Pelajaran :Sebagi guru kita harus dapat memanfaatkan penggunaan perangkat
teknologi informasi khususnya komputer untuk mendukung proses
pembelajaran.Dengan tersedianya 2 perangkat LCD proyek yang dapat membantu
proses pembelajaran. Ditambag dengan ada beberapa guru yang dapat
mengoperasikan peralatan tersebut dengan baik.
3. Gali Mimpi : Memanfaatkan sarana dan prasarana berupa perangkat teknologi
informasi yang dimiliki sekolah untuk proses pembelajaran. Di sekolah SD Negeri
Pakijangan 01 terdapat 2 LCD proyektor, 2 layar besar, 6 komputer dan 2 laptop
dengan kondisi baik,
4. Jabarkan Rencana : Meminta izin kepada kepala sekolah untuk menggunkan aset
sekolah berupa komputer, LCD proyektor, layar), mengumpulkan data melalui
kuesioner, menyusun jadwal kegiatan pembelajaran, mengumpulkan data, membuat
kesimpulan.
5. Atur Eksekusi : melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, membuat rencana
kegiatan proses pembelajaran, mengumpulkan bahan pendukung (matei, referensi web
site, youtube)
Dukungan yang dibutuhkan
1. Kepala sekolah sebagai penanggung jawab
2. Teman sejawat sebagai pengawas dalam pelaksanaan kegiatan
3. Orang tua siswa sebagai pendamping siswa
4. Siswa sebagai objek yang melakukan kegiatan tersebut
DESKRIPSI AKSI NYATA
Strategi implementai teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di sekolah
pada saat ini sudah berlangsung dalam berbagai bentuk. Berbagai macam deratan TIK bisa
digunakan sebagai sarana dan sumber belajar yang dapat diakses secara luas oleh guru, siswa
dan pemangku kepentingan sekolah. Media pembelajaran adalah salah satu alat kebutuhan
yang benar-benar mendukung proses pembelajaran. Media juga menjadi salah satu fasilitas
bagi guru dalam menstransfer informasi guru ke siswa. Salah satu alasan penggunaan media
pembelajaran adalah terkait dengan manfaat media pembelajaran bagi keberhasilan belajar
mengajar di kelas. Media yang dipergunakan tentunya disesuaikan dengan materi
pembelajaran.Salah satu media yang dapat secara efektif digunakan dalam pembelajaran
adalah media LCD proyektor. LCD proyektor adalah salah satu jenis proyektor yang
digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar
atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok. Teknologi LCD proyektor sangatlah
membantu dalam proses pembelajaran karena memudahkan semua pihak, baik pengajar
maupun siswa .LCD proyektor merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk
menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan
permukaan datar seperti tembok, dsb. Ketika ditanya bagaimana LCD proyektor dapat
mempengaruhi pengalaman belajar mengajar. Menurut Dian Schaffhauser (2014) pada sektor
pendidikan, LCD Proyektor sudah menggantikan fungsi papan tulis. Dengan kemampuan
interaktifnya, proyektor diyakini akan segera mengubah cara mengajar di kelas-kelas.
Seyogyanya, teknologi di dunia pendidikan dapat membantu mengatasi kebutuhan dari
pertanyaan seperti seberapa cepat siswa mampu menulis. Belum lagi, bagaimana agar
tampilan presentasi tidak terganggu atau terhalang ketika guru menjalankan tugasnya, atau
mungkin kendala kesulitan instalasi, setting, sampai soal ukurannya yang terbatas.
Seperti halnya yang telah dilaksanakaan oleh salah satu guru di Sekolah dasar Pakijangan 01,
guru mengajar dengan memanfaatkan media pembelajaran menggunakan LCD proyektor
untuk menarik perhatian siswa dan minat siswa untuk belajar, pelaksananaan proses
pembelajaran yang dilakukan selama 2 minggu terhitung mulai tanggal sampai dengan
tanggal dengan pertemuan tatap muka satu minggu 3 hari, Durasi waktu pertemuan dalam 1
sesi adalah 1 jam (60 menit).Dan mendapat persetujuan dari orang tua / wali murid dengan
mengunakan surat pernyatan bermaterai. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan LCD
proyektor di mulai dari tanggal 3 Mei 2021, 4 Mei 2021 dan 5 Mei 2021 dan dilanjutkan
kembali setelah libur Idul Fitri mulai tanggal 24 Mei 2021, 25 Mei 201 dan 27 Mei 2021.
HASIL
Menurut Philips (2002) dari hasil penelitian, beberapa daerah di identifikasi adanya pengaruh
yang besar terhadap penggunaan media LCD Proyeksyor dalam pembelajaran, termasuk
bantuan visual fleksibilitas yang lebih besar untuk metode pengajaran alternatif, membuat
mengajar lebih mudah dan lebih baik dan kesadaran siswa untuk belajar lebih
meningkat.Media LCD efektif digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran karena
media LCD sangat efesien. Dengan media LCD guru tidak perlu lagi mencatat materi
pelajaran pada saat jam pelajaran karena hal ini menyita banyak waktu yang seharusnya
dipakai untuk menerangkan dan berinteraksi dengan siswa. Melalui media LCD materi
pelajaran bisa dipersiapkan terlebih dahulu dengan mengetik materi pelajaran kemudian
disimpan dalam bentuk software yang suatu saat bisa ditampilkan apabila dibutuhkan. Media
ini sangat efesien sehingga pada saat tatap muka materi pelajaran bisa tertuntaskan,
memungkinkan juga dua kali pertemuan materi tertuntaskan dalam satu kali pertemuan.
Tujuan pembelajaran tercapai dengan menggunakan Media LCD, bisa dilihat dari tuntasnya
materi pelajaran, suasana pembelajaran yang kondusif dan aktif, daya serap siswa akan materi
pelajaran lebih tinggi, siswa lebih aktif dalam belajar serta guru lebih kreatif dalam memilih
dan mendisain media yang akan dipakai sebagai sarana menyampaikan materi. Penggunaan
media LCD dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar hal ini bisa digambarkan
dengan fokusnya siswa memperhatikan tayangan pada layar LCD dengan seksama
mendengarkan penjelasan guru. Hal ini membuktikan bahwa siswa merasa senang dan
tertarik karena media LCD dapat membangkitkan motivasi dan minat siswa untuk belajar.
Bagi guru tidak mudah untuk menguasai kelas dan menciptakan iklim yang kondusif, dengan
menggunakan LCD siswa mudah dikendalikan serta iklim kondusif bisa terwujud. Hal ini
terbukti dengan siswa merasa senang dalam belajar, tidak terlihat siswa yang ngantuk atau
pun ngobrol dengan teman sebangku. Selain itu tercipta suasana pembelajaran yang akif yang
dimana siswa sebagai pusat pembelajaran dan guru berperan sebagai fasilitator. Media LCD
dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit dan realistik hal ini dapat
mempengaruhi daya serap siswa akan materi yang disampaikan. siswa tidak hanya
mengetahui konsep dasarnya saja tetapi melalui media LCD siswa dapat mengetahui hal yang
konkrit serta realitas sebenarnya. Dengan mengisi angket siswa menyatakan bahwa sebelum
menggunakan media LCD pembelajaran terkesan membosankan apalagi siswa harus
mendengarkan ceramah guru, membuat siswa merasa bosan berada di dalam kelas dan
menginginkan pelajaran tersebut cepat selesai. Hal ini mengakibatkan siswa tidak termotivasi
belajar.
B. PERASAAN (FEELING)
PERASAAN SAAT MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA
LCD PROYEKTOR
Saat proses pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan
TIK yaitu dengan memanfaatkan sumber aset yang ada di sekolah dengan menggunakan
LCD proyektor, melaui media LCD proyektor siswa merasa senang dan bersemangat untuk
menerima materi pembelajaran, siswa terlihat antusias untuk mengikuti pembelajaran.di lain
pihak dengan menggunakan media LCD guru dapat mengembangkan kreatifitasnya untuk
membuat pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan.Sehingga siswa merasa nyaman
untuk mengikuti proses pembelajaran.Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media LCD
proyektor akan menjadi efektif apabila guru mempersiapkan materi maupun link referensi
sehingga memudahkan siswa untuk membuka kembali melaui smartphone milik pribadi di
rumah.
C. PEMBELAJARAN (FINDING)
PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI PENGGUNAAN MEDIA LCD
Setiap media pemelajaran yang di gunakan dalam proses mengajar pasti mempunyai
kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan dalam menggunakan media LCD antara lain yaitu :
1. Guru dapat dengah mudah menyampaikan materi dengan tampilan menarik tanpa
harus menulis di papan tulis
2. Sebagai salah satu alternatif belajar, dengan memanfaatkan jaringan internet siswa
maupun guru dapat menambah referensi materi atau video melalui google
3. Membuat mengjaar lebih baik, dengan menggunkan layar LCD yang lebih besar maka
memudahkan siswa melihat materi yang di samapaikan.
4. Membiasakan siswa dengan teknlogi, secara tidaklangsung pengguna LCD proyektor
dapat mendidik siswa agar lebih menggunkan ide kreatifnya dalam pengguann
teknologi sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman.
5. Bantuan visual, dengan penggunaan LCD proyektor dapat memfasilitasi gaya belajar
siswa yang cenderung lebih menyukai visual, gambar warna-warni atau video yang
dapat membantu membuat konsep-konsep abstrak lebih mudah di pahami.
Selain mempunyai kelebihan penggunan LCD proyektor juga mempunyai kelemahan antara
lain :
1. Harga seperangkat LCD Proyektor dan komputer serta perlengkapanya cukup mahal
2. Biaya perawatan LCD proyektor dan biaya kuota internet cukup mahal apabila
digunakan setiap hari.
3. Keterbatasan teknis dan teoris serta penerimaan terhadap teknologi
4. Siswa cenderung tertarik pada gambar dan suara, bukan fokus pada materi
5. Apabila terjadi pemadaman listik media LCD tidak dapat difungsikan.
Selain kekurangan dan kelebihan dalam penggunaan media LCD proyektor terdapat
manfaat yang dapat diambil saat melaksankan proses pembelajaran dengan
menggunakan LCD sebagai media pembelajaran yaitu :
1. Memberikan pengalaman baru basi siswa sehingga minat belajar makin tumbuh
2. Penyampaian materi yang lebih jelas dengan berbagai referensi dari goolge
3. Menumbuhkan sikap pro aktif siswa dalam belajar
4. Mengembangkan daya kreatifitas guru dalam mendesain materi dengan menarik
D. PENERAPAN KE DEPAN (FUTURE)
RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG
Rencana perbaikan di masa mendatang yaitu untuk penggunaan LCD sebagai media
pembelajaran agar lebih konsisten dan otimal lagi dengan perencanaan yang lebih matang dan
lebih detail lain misalnya dengan mencantumkan situs atau alamat url baik berupa video dari
youtube maupaun artikel dari laman google, sehingga siswa dapat lebih mudah untuk
mengakses sendiri melaui smartphone yang dimilki.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar