Kartika Diah Hapsari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Penggunaan LCD untuk Menunjang Proses Pembelajaran

PENGGUNAAN LCD UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN

A. PERISTIWA (FACT)

LATAR BELAKANG

Sekolah memliki sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan-tujuan

pendidikan. Sumber daya pendidikan sekolah dapat di kelompokan menjadi 2 yaitu sumber

daya yang bukan manusia dan sumber daya manusia, Sumber daya yang pertama yaitu

Sumber daya bukan manusia yang meliputi sarana dan prasarana, lingkungan, kurikulum,

program sekolah. Sedangkan sumber daya yang kedua yaitu sumber daya manusia meliputi

kepala sekolah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat.Dengan menggunakan pendekatan

berbasis aset,maka sumber daya sekolah dapat dipetaan menjadi 7 modal utama . Melalui

pemetaan aset tersebut dapat memusatkan salah satu aset untuk dapat di kelola maupun di

kembangkan manfaatnya untuk mendukung proses pembelajaran.salah satu aset yang

dikembangkan dalam kegiatan ini yaitu sarana dan prasarana, karena sarana dan prasarana

sekolah merupakan instrumen yang penting untuk mendukung proses pembelajaran salah

satuya pemanfaatan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi menunjang proses

pembelajaran dengan memfasilitasi melaui sumber belajar dan dapat menarik perhatian siswa

untuk belajar.

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran telah ditegaskan pula oleh pemerintah melalui

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 78 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah

Bertaraf Internasioanal pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di dalam Bab II

Standar Penyelenggaraan, dalam Pasal 5 Ayat 2 menyebutkan bahwa “Proses pembelajaran

sebagaimana dimaksud ayat (1) menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi

informasi dan komunikasi, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan kontekstual.”

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat dimanfaatkan lebih jauh untuk

meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang kelas dengan cara mengintegrasikannya ke

dalam kegitan ekstrakulikuler maupun sebagai pendukung pembelajaraan.

Dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, maka siswa dituntut aktif terlibat dalam

proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok misalnya kebebasan dan

keaktifan untuk mengakses informasi sebagai tambahan materi pelajaran yang sedang

dipelajari kapan pun dan di mana pun sehingga pengetahuan dan pemahaman siswa menjadi

semakin matang.

Dalam hal ini pemanfaatan TIK yang dimaksud adalah dengan memnafaaatkan fasilitas yang

telah disediakan oleh sekolah terutama laptop, LCD proyektor sebagai media pendukung

pembelaran. Proses pembeajaran dengan di bantu oleh laptop maupun LCD dan dukungan

internet mampu menarik minta siswa untuk belajar dengna media yang berbeda selain itu

siswa dapat mencari sumber belajar lain melalui internet sehingga pengetuan menjadi luas.

Tujuan

1. Terciptanya kondisi belajar yang interaktif dengan pemanfaatan teknologi

Tolok Ukur

1. Meningkatnya daya tarik siswa terhadap proses pembelajaran

Linimasa tindakan yang akan dilakukan (BAGJA)

1. Buat pertanyaan :Apa yang diperlukan untuk dapat mendukung kegiatan

pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi?

Yang diperlukan dalam mendukung kegiatan pembelajaran yang memanfaatakan

teknologi salah satunya penggunaan LCD proyektor, laptop, dan jaringan internet

untuk dapat mengakses materi.

2. Ambil Pelajaran :Sebagi guru kita harus dapat memanfaatkan penggunaan perangkat

teknologi informasi khususnya komputer untuk mendukung proses

pembelajaran.Dengan tersedianya 2 perangkat LCD proyek yang dapat membantu

proses pembelajaran. Ditambag dengan ada beberapa guru yang dapat

mengoperasikan peralatan tersebut dengan baik.

3. Gali Mimpi : Memanfaatkan sarana dan prasarana berupa perangkat teknologi

informasi yang dimiliki sekolah untuk proses pembelajaran. Di sekolah SD Negeri

Pakijangan 01 terdapat 2 LCD proyektor, 2 layar besar, 6 komputer dan 2 laptop

dengan kondisi baik,

4. Jabarkan Rencana : Meminta izin kepada kepala sekolah untuk menggunkan aset

sekolah berupa komputer, LCD proyektor, layar), mengumpulkan data melalui

kuesioner, menyusun jadwal kegiatan pembelajaran, mengumpulkan data, membuat

kesimpulan.

5. Atur Eksekusi : melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, membuat rencana

kegiatan proses pembelajaran, mengumpulkan bahan pendukung (matei, referensi web

site, youtube)

Dukungan yang dibutuhkan

1. Kepala sekolah sebagai penanggung jawab

2. Teman sejawat sebagai pengawas dalam pelaksanaan kegiatan

3. Orang tua siswa sebagai pendamping siswa

4. Siswa sebagai objek yang melakukan kegiatan tersebut

DESKRIPSI AKSI NYATA

Strategi implementai teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di sekolah

pada saat ini sudah berlangsung dalam berbagai bentuk. Berbagai macam deratan TIK bisa

digunakan sebagai sarana dan sumber belajar yang dapat diakses secara luas oleh guru, siswa

dan pemangku kepentingan sekolah. Media pembelajaran adalah salah satu alat kebutuhan

yang benar-benar mendukung proses pembelajaran. Media juga menjadi salah satu fasilitas

bagi guru dalam menstransfer informasi guru ke siswa. Salah satu alasan penggunaan media

pembelajaran adalah terkait dengan manfaat media pembelajaran bagi keberhasilan belajar

mengajar di kelas. Media yang dipergunakan tentunya disesuaikan dengan materi

pembelajaran.Salah satu media yang dapat secara efektif digunakan dalam pembelajaran

adalah media LCD proyektor. LCD proyektor adalah salah satu jenis proyektor yang

digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar

atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok. Teknologi LCD proyektor sangatlah

membantu dalam proses pembelajaran karena memudahkan semua pihak, baik pengajar

maupun siswa .LCD proyektor merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk

menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan

permukaan datar seperti tembok, dsb. Ketika ditanya bagaimana LCD proyektor dapat

mempengaruhi pengalaman belajar mengajar. Menurut Dian Schaffhauser (2014) pada sektor

pendidikan, LCD Proyektor sudah menggantikan fungsi papan tulis. Dengan kemampuan

interaktifnya, proyektor diyakini akan segera mengubah cara mengajar di kelas-kelas.

Seyogyanya, teknologi di dunia pendidikan dapat membantu mengatasi kebutuhan dari

pertanyaan seperti seberapa cepat siswa mampu menulis. Belum lagi, bagaimana agar

tampilan presentasi tidak terganggu atau terhalang ketika guru menjalankan tugasnya, atau

mungkin kendala kesulitan instalasi, setting, sampai soal ukurannya yang terbatas.

Seperti halnya yang telah dilaksanakaan oleh salah satu guru di Sekolah dasar Pakijangan 01,

guru mengajar dengan memanfaatkan media pembelajaran menggunakan LCD proyektor

untuk menarik perhatian siswa dan minat siswa untuk belajar, pelaksananaan proses

pembelajaran yang dilakukan selama 2 minggu terhitung mulai tanggal sampai dengan

tanggal dengan pertemuan tatap muka satu minggu 3 hari, Durasi waktu pertemuan dalam 1

sesi adalah 1 jam (60 menit).Dan mendapat persetujuan dari orang tua / wali murid dengan

mengunakan surat pernyatan bermaterai. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan LCD

proyektor di mulai dari tanggal 3 Mei 2021, 4 Mei 2021 dan 5 Mei 2021 dan dilanjutkan

kembali setelah libur Idul Fitri mulai tanggal 24 Mei 2021, 25 Mei 201 dan 27 Mei 2021.

HASIL

Menurut Philips (2002) dari hasil penelitian, beberapa daerah di identifikasi adanya pengaruh

yang besar terhadap penggunaan media LCD Proyeksyor dalam pembelajaran, termasuk

bantuan visual fleksibilitas yang lebih besar untuk metode pengajaran alternatif, membuat

mengajar lebih mudah dan lebih baik dan kesadaran siswa untuk belajar lebih

meningkat.Media LCD efektif digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran karena

media LCD sangat efesien. Dengan media LCD guru tidak perlu lagi mencatat materi

pelajaran pada saat jam pelajaran karena hal ini menyita banyak waktu yang seharusnya

dipakai untuk menerangkan dan berinteraksi dengan siswa. Melalui media LCD materi

pelajaran bisa dipersiapkan terlebih dahulu dengan mengetik materi pelajaran kemudian

disimpan dalam bentuk software yang suatu saat bisa ditampilkan apabila dibutuhkan. Media

ini sangat efesien sehingga pada saat tatap muka materi pelajaran bisa tertuntaskan,

memungkinkan juga dua kali pertemuan materi tertuntaskan dalam satu kali pertemuan.

Tujuan pembelajaran tercapai dengan menggunakan Media LCD, bisa dilihat dari tuntasnya

materi pelajaran, suasana pembelajaran yang kondusif dan aktif, daya serap siswa akan materi

pelajaran lebih tinggi, siswa lebih aktif dalam belajar serta guru lebih kreatif dalam memilih

dan mendisain media yang akan dipakai sebagai sarana menyampaikan materi. Penggunaan

media LCD dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar hal ini bisa digambarkan

dengan fokusnya siswa memperhatikan tayangan pada layar LCD dengan seksama

mendengarkan penjelasan guru. Hal ini membuktikan bahwa siswa merasa senang dan

tertarik karena media LCD dapat membangkitkan motivasi dan minat siswa untuk belajar.

Bagi guru tidak mudah untuk menguasai kelas dan menciptakan iklim yang kondusif, dengan

menggunakan LCD siswa mudah dikendalikan serta iklim kondusif bisa terwujud. Hal ini

terbukti dengan siswa merasa senang dalam belajar, tidak terlihat siswa yang ngantuk atau

pun ngobrol dengan teman sebangku. Selain itu tercipta suasana pembelajaran yang akif yang

dimana siswa sebagai pusat pembelajaran dan guru berperan sebagai fasilitator. Media LCD

dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit dan realistik hal ini dapat

mempengaruhi daya serap siswa akan materi yang disampaikan. siswa tidak hanya

mengetahui konsep dasarnya saja tetapi melalui media LCD siswa dapat mengetahui hal yang

konkrit serta realitas sebenarnya. Dengan mengisi angket siswa menyatakan bahwa sebelum

menggunakan media LCD pembelajaran terkesan membosankan apalagi siswa harus

mendengarkan ceramah guru, membuat siswa merasa bosan berada di dalam kelas dan

menginginkan pelajaran tersebut cepat selesai. Hal ini mengakibatkan siswa tidak termotivasi

belajar.

B. PERASAAN (FEELING)

PERASAAN SAAT MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA

LCD PROYEKTOR

Saat proses pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan

TIK yaitu dengan memanfaatkan sumber aset yang ada di sekolah dengan menggunakan

LCD proyektor, melaui media LCD proyektor siswa merasa senang dan bersemangat untuk

menerima materi pembelajaran, siswa terlihat antusias untuk mengikuti pembelajaran.di lain

pihak dengan menggunakan media LCD guru dapat mengembangkan kreatifitasnya untuk

membuat pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan.Sehingga siswa merasa nyaman

untuk mengikuti proses pembelajaran.Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media LCD

proyektor akan menjadi efektif apabila guru mempersiapkan materi maupun link referensi

sehingga memudahkan siswa untuk membuka kembali melaui smartphone milik pribadi di

rumah.

C. PEMBELAJARAN (FINDING)

PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI PENGGUNAAN MEDIA LCD

Setiap media pemelajaran yang di gunakan dalam proses mengajar pasti mempunyai

kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dalam menggunakan media LCD antara lain yaitu :

1. Guru dapat dengah mudah menyampaikan materi dengan tampilan menarik tanpa

harus menulis di papan tulis

2. Sebagai salah satu alternatif belajar, dengan memanfaatkan jaringan internet siswa

maupun guru dapat menambah referensi materi atau video melalui google

3. Membuat mengjaar lebih baik, dengan menggunkan layar LCD yang lebih besar maka

memudahkan siswa melihat materi yang di samapaikan.

4. Membiasakan siswa dengan teknlogi, secara tidaklangsung pengguna LCD proyektor

dapat mendidik siswa agar lebih menggunkan ide kreatifnya dalam pengguann

teknologi sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman.

5. Bantuan visual, dengan penggunaan LCD proyektor dapat memfasilitasi gaya belajar

siswa yang cenderung lebih menyukai visual, gambar warna-warni atau video yang

dapat membantu membuat konsep-konsep abstrak lebih mudah di pahami.

Selain mempunyai kelebihan penggunan LCD proyektor juga mempunyai kelemahan antara

lain :

1. Harga seperangkat LCD Proyektor dan komputer serta perlengkapanya cukup mahal

2. Biaya perawatan LCD proyektor dan biaya kuota internet cukup mahal apabila

digunakan setiap hari.

3. Keterbatasan teknis dan teoris serta penerimaan terhadap teknologi

4. Siswa cenderung tertarik pada gambar dan suara, bukan fokus pada materi

5. Apabila terjadi pemadaman listik media LCD tidak dapat difungsikan.

Selain kekurangan dan kelebihan dalam penggunaan media LCD proyektor terdapat

manfaat yang dapat diambil saat melaksankan proses pembelajaran dengan

menggunakan LCD sebagai media pembelajaran yaitu :

1. Memberikan pengalaman baru basi siswa sehingga minat belajar makin tumbuh

2. Penyampaian materi yang lebih jelas dengan berbagai referensi dari goolge

3. Menumbuhkan sikap pro aktif siswa dalam belajar

4. Mengembangkan daya kreatifitas guru dalam mendesain materi dengan menarik

D. PENERAPAN KE DEPAN (FUTURE)

RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG

Rencana perbaikan di masa mendatang yaitu untuk penggunaan LCD sebagai media

pembelajaran agar lebih konsisten dan otimal lagi dengan perencanaan yang lebih matang dan

lebih detail lain misalnya dengan mencantumkan situs atau alamat url baik berupa video dari

youtube maupaun artikel dari laman google, sehingga siswa dapat lebih mudah untuk

mengakses sendiri melaui smartphone yang dimilki.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post