Kasbi, S.Pd.I, M.Pd

Kasbi, Lahir di Kuamang 27 Agustus 1983 adalah seorang guru PAI BP dan Pembina asrama di SMAN 1 Padang Panjang Sumbar. Dia diamanahkan sebagai Ketua Umum Badan ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Semangat Literasi Imam Bukhari

#30

Siapa yang tidak kenal dengan Imam Bukhari. Seorang ahli hadis yang telah menyusun karya luar biasa, rujukan ke dua bagi Umat Islam setalah Al-Quran, itulah Kitab Shahih Bukharinya.

Banyak kisah yang bisa kita petik dari Imam Bukhari ini, mulai dari semangatnya mencari hadis dari satu daerah ke daerah lai, dari guru satu ke guru satunya lagi.

Setelah beliau mendapatkan hadis dari berbagai sumber, lalu Imam Bukhari menelusuri serta mengkaji satu per satu seluruh sanad atau orang-orang yang menjadi sumber hadis itu sampai ke Rasulullah.

Sungguh tidaklah sedikit, 7.000 an lebih hadis yang beliau cari, hafal, kaji, analisis, sampai beliau bukukan dalam kitab shahihnya, adalah wujud dari kesungguhannya dalam literasi.

Tadi malam, setelah maghrib, kami belajar hadis pertama dalam kitab shahih Bukhari ini. Di bagian cover bekakang kitab tertulis ungkapan Imam Syafii, bahwa beliau menyusun Kitab Shahih Bukhari ini bukan hitungan hari, minggu, bahkan bulan.

Sahabat tahu berapa lamanya Imam Bukhari menyusun satu Kitab ini?

16 Tahun. Allahu Akbar. Jika kita konversikan ke dunia pendidikan, berarti SD, SMP, SMA, D3. Selama itulah Bukhari menghabiskan waktunya untuk menyusun Kitab ini.

Lamanya menulis kitab bukan berarti Bukhari berleha-leha menyelesaikannya, namun semata demi kualitas dari kitab yang ditulis.

Inilah sedikit pelajaran saya dapatkan malam ini di Masjis Islamic Centre Padang Panjang Sumbar. Bahwa sebagai pegiat literasi, kita mesti belajar tentang semangat dari seorang Imam dan pakar Hadis, Bukhari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post