kasmadi74

Seorang guru yang mengajar di sebuah sekolah yang terletak dipinggiran jakarta. Mencoba belajar menuls. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Minuman Asli Indonesia

Minuman Asli Indonesia

Warung makan cepat saji ala Amerika dengan minumannya yang khas, root beer. Saya sudah mengenal minuman sejenis buatan asli Indonesia. Jadi minuman favorit jaman SD. Minuman bersoda, jika dibuka tutup botolnya mengeluarkan uap. Senang sekali. Kami biasa pesta pora menikmati minuman tersebut saat pembagian rapor.

Peristiwa puluhan tahun lalu itu kembali terkenang. Ya, pembagian raport adalah saat yang ditunggu- tunggu. Bukan nilai raportnya. Juga bukan rangking di kelas. Saya termasuk yang tidak pernah menyentuh sepuluh besar, apalagi lima besar. Tradisi tukar minuman itulah yang kami tunggu. Jadi, setiap pembagian raport adalah waktunya bersenang-senang. Kami bertukar botol minuman dengan ragam rasa. Ada yang membawa minuman rasa jeruk, semacam root beer ( ah lupa sebutannya) dan lain-lain. Masyarakat kita memang terbiasa sampai sekarang selalu menyebut brand. Sebut saja untuk deterjen, Rinso. Air mineral : Aqua. Begitu juga dengan minuman jaman SD, rasa jeruk : Limun, rasa root beer : Sarsaparila. Ada satu rasa lagi : Greensport padanannya Sprite kalau sekarang. Minuman-minuman itu asli buatan Indonesia.

Kemarin, saat berkunjung ke sebuah resto menemukan kembali salah satu minuman itu. Wow ... para emak antusias ingin mencicipinya.Jadilah dibuka satu botol untuk rame-rame. Beberapa orang meminumnya. Ya, rasanya seperti root beer yang dihidangkan warung makan Amerika itu. Sayang ya, produk minuman asli Indonesia itu menepi. Bahkan nyaris punah seperti beberapa hewan yang dilindungi. Atau mungkin bisa diusulkan sebagai salah satu barang langka agar dilindungi? Boleh juga!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mau dong sebotol coffee beernya. hehehe... salam kenal dan salam literasi

16 Feb
Balas



search

New Post