Kasnida, S.Ag, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Buek duaso

Mambuek duaso dikenal juga dengan meletakkan Batu pertama saat membangun rumah baru.

Tradisi ini merupakan adat , kebiasaan bagi masyarakat sebuah nagari Batu basa kecamatan pariangan kabupaten Tanah datar .

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah masyarakat yang sebelumnya dikabari atau diundang untuk menghadiri acara tersebut.

Bentuk acaranya yakni penggalian pondasi pertama dengan menyembelih seekor ayam kemudian menjejerkan darah ayam tersebut disekeliling rumah yang dibangun.

Budaya ini sebenarnya merupakan budaya yang sudah turun temurun semenjak dahulu. Apakah budaya ini warisan dari budaya hindhu dan budha yang sudah mendarah daging dalam diri masyarakat.

Dalam islam menyembahkan seekor binatang dalam acara tertentu adalah sebuah kesyirikan . bila kita gunakan akal fikiran yang jernih apa hubungan darah hewan dengan bangunan yang akan dibangun.

Namun akal tidak akan berfungsi bila budaya, adat yang sudah terbiasa dilakukan untuk menghentikan semua ini, kecuali bagi insan insan yang beefikir.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post