Kasnidasagmpd

Pendidik di MAN 2 Batusangkar dan MAS Thawalib Tanjung Limau, ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendidikan karKter

Pendidikan karKter

Penanaman Karakter

Kasnida

Sulit, merubah kebiasaan anak. Dimana semenjak masa pandemi. Mereka sudah terbiasa ujian menggunakan HP dan menghadapi ujian secara Santai.

Sedikitpun tidak ada rasa cemas dalam jiwa mereka. Bahkan kesannya ujian menggunakan berbagai aplikasi ini tidak membuahkan karakter yang baik. Kenapa tidak. Mereka tidak memiliki persiapan sama sekali, awalnya mereka mencoba belajar keras, namun melihat diantara teman teman yang malas, ternyata memiliki nilai tinggi karena mampu mencontek dari hasil ujian temannya. Membuat yang rajin malas belajar.

Jika ini dibiarkan demi mencapai kemajuan, justru menambah anak semakin lalai.

Barang kali ada yang cocok disebagian sekolah, dan ada yang tidak cocok di sekolah lain. Buat guru sendiri sangat bersyukur bila ujian melalui aplikasi, Karen bagi mereka sangat membantu memeriksa ujiannya, karena hasil ujian sudah terekam lansung. Namun bagi karakter siswa tidaklah mencerminkan nilai yang baik.

Kelihatanya, mereka saat ujian beruntung, mendapatkan bantuan dari teman. Belajar tanpa usaha mendapatkan nilai luar biasa. Hal ini, sering saya beri istilah SGTK (Salero gadang tanago kurang ), maksudnya ingin mendapatkan nilai baik tanpa usaha dan kerja keras. Jika budaya begini dihidup suburkan, maka mental mental kader masa depan bakal kandas ditengah jalan.

Setiap mengawas ujian, ada saja siswa yang ketahuan bekerja sama, mereka sangat bangga jika tidak ditegur, namun kata kunci yang saya berikan. Jangan pernah antum bangga karena suskes menipu saya, Sukses bekerja sama dan melihat sumber yang ada. Sebenarnya antum merugi telah menipu diri sendiri. Ingat ya nak, jika karakter ini selalu dipupuk, maka antum akan menjadi orang gagal.

Alhamdulillah, meskipun saya tidak mengajar di lokal mereka, dengan satu ultimatum setiap kali mengawas di lokal Yang asing ini, membuat mereka menyadari kelemahan dan kekurangan mereka selama ini. Setelah teguran itu. Tidak satupun siswa yang berusaha lagi bekerja sama dengan teman yang lain. Mereka menyadari kekurangan dan kebiasaan yang tidak baik selama ini.

Semoga penanaman karakter ini bisa dipertahankan sampai mereka tamat di madrasah ini.

Kasnida.

Batu basa 8 Juni 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post