Kas Pani

Ternyata waktu begitu cepat berlalu, lari bagaikan kilat. Kalau dari dulu aku tahu seperti itu, tentu tiada kesia-siaan dilakukan. Kas Pani, pengawas sekolah SM...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wakorwas Aceh Buka Raker Pengawas Sekolah
Wakorwas Dinas Pendidikan Aceh , Drs. M.Akbari AR, MA memberi sambutan dan membuka Raker Pengawas SMA/SMK dan PKLK se Aceh di Hotel Oasis Banda Aceh

Wakorwas Aceh Buka Raker Pengawas Sekolah

Wakil Ketua Koordinator Pengawas Sekolah (Wakorwas) Aceh, Drs.M.Akbari, AR, MA mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh secara resmi membuka Rapat Kerja Pengawas Sekolah SMA, SMK dan PKLK se - Aceh, Jumat malam, (15/11) di Hotel Oasis Banda Aceh.

Rapat kerja yang bertemakan, " Melalui Raker, kita hadirkan pelayanan, pendidikan berbasis kedisiplinan, loyalitas, tanggung jawab, dan keteladanan " ini dihadiri unsur Dinas Pendidikan Aceh, Ketua MKPS, pengawas sekolah dan Tim Sekretariat UN Aceh dengan jumlah peserta 140 orang pengawas.

Akbari dalam sambutannya menyampaikan pengawas sekolah merupakan tenaga kependidikan yang mempunyai peran yang sangat strategis untuk membimbing dan membina kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya dalam upaya meningkatan mutu pendidikan.

" Peningkatan mutu pendidikan berlangsung baik, bila kualitas pembelajaran di dalam kelas juga baik. Dan kualitas pembelajaran akan berlangsung baik, jika pengawas sekolah sering berkunjung ke ruang kelas tempat berinteraksinya guru dan siswa. Dengan kunjungan itu akan tergambar bagaimana suasana pembelajaran sebenarny. Tanpa seringnya guru supervisi di kelas, jangan terlalu berharap mutu pendidikan akan naik. Apalagi saat ini kondisi pendidikan Aceh masih rendah dari provinsi lain di Indonesia." Tegas pengawas sekolah asal Aceh Besar ini.

Karena itu, Akbari berharap kepada peserta raker untuk membahas program-program unggulan dan merumuskan bentuk laporan praktis hasil supervisi yang bisa disampaikan nantinya secara berkala kepada Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana raker, Drs. Amiruddin dalam laporannya menyampaikan, adapun tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dan pemahaman Pengawas SMA/SMK dan PKLK dalam mendampingi guru dan kepala sekolah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya di sekolah.

" Kesamaan persepsi dan pemahaman ini diperlukan agar tugas dan fungsi dapat berjalan dengan baik. " Ujar Amir.

Kegiatan yang dihadiri pengawas dari kabuapten/ kota se Aceh ini, akan berlangsung dari tanggal 15 s.d 18 Nopember 2019 dengan sajian materi penyusunan program dan laporan pengawas sekolah, tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah, supervisi manajerial dan supervisi akademik.

Seusai pembukaan raker, Masrul Afdal dari Sekretariat Ujian Nasional Dinas Pendidikan Aceh berkesempatan mempresentasi hasil dan analisis UN 2018 dan capaian try out UN yang baru-baru ini dilaksanakan di seluruh SMA dan SMK di Aceh. Dari hasil try out ternyata nilai yang diperoleh siswa masih dibawah rerata nilai UN tahun lalu dan belum mencapai rerata nasional.

" Hasil try out yang baru saja dilakukan ternyata nilai yang diperoleh masih di bawah 55,0 dengan jumlah di atas sembilan puluh persen. Hal ini artinya, semua pihak termasuk pengawas sekolah dalam jangka pendek perlu meningkatkan meningkatkan capai nilai UN ini ke depannya. "

Pada kesempatan itu, di depan peserta raker, Afdal memberikan beberapa solusi dan kiat yang dapat dilakukan sekolah agar nilai UN siswa Aceh dapat meningkat, antara lain dengan memotivasi belajar, mengevaluasi hasil UN sebelumnya, pengenalan prediksi patron dan soal UN, pre test, bimbingan belajar, dan post test.]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post