Khaeroyaroh, S.Pd

Guru MTs Negeri 2 Tangerang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Catatan Pinggir Tilawah Harian Seorang Ibu
Sebuah catatan kecil seorang ibu me-refresh diri menjadi bagian dari komunitas ODOJ Madrasah.

Catatan Pinggir Tilawah Harian Seorang Ibu

Menjadi bagian dari komunitas One Day One Juz (ODOJ) merupakan suatu keberuntungan untuk saya. Kurang lebih dua bulan yang lalu, sepuluh hari sebelum bulan Ramadhan, saya mengikuti grup WhatsApp ODOJ yang diprakarsai oleh Pak Akidin, M.Pd, guru matematika di MTs Negeri 2 Tangerang tempat kami bekerja.

Mungkin bagi sebagian orang sudah bertahun-tahun akrab dengan komunitas ini, namun saya sebagai newbi dengan kesibukan sebagai seorang ibu dengan dua putri kecil merupakan sebuah tantangan dan saya menyebutnya dengan sebuah keberuntungan. Lalu, apa saja keberuntungan yang saya rasakan?

Bermula dari komunitas inilah, saya mulai kembali menata waktu yang awalnya tak terarah. Sebagai seorang Ibu bekerja, saya belum bisa seimbang dalam memprioritaskan waktu. Sebelumnya, saya hanya sanggup tilawah satu lembar sehari, karena awalnya saya merasa cukup dengan target itu. Ketika saya saya ikut komunitas ODOJ, saya mulai membiasakan diri duduk lebih lama untuk tilawah, gampang-gampang susah melakukan pembiasaan ini. Mudahnya, jika anak anteng atau tidur, kita bisa bertilawah berlembar-lembar, namun jika anak rewel alamat sulit untuk memulainya dan mencapai target. Terseok-seok, itulah yang saya alami. Waktu seperti berlalu begitu cepat ketika kita belum melakukan tilawah harian satu juz.

"Bu, apakah sudah selesai tilawah hari ini?" chat dari Admin ODOJ

"Belum pak, baru setengah Juz," saya membalasnya.

"Ya sudah Bu, saya tunggu Ibu selesaikan tilawah hari ini."

"Baik Pak, terima kasih."

Begitulah, kadang ketika saya lalai, ada yang mengingatkan. Sebuah bentuk perhatian yang insyaallah untuk tujuan kebaikan jiwa karena Allah SWT.

Selama kurang lebih dua bulan ini, ada hal yang saya syukuri. Ketika anak saya yang berusia tiga tahun berkata, "Bunda mau mengaji, ya? Najma juga mau mengaji!"

Padahal hari itu saya berhalangan (haid) sehingga saya tidak melakukan kebiasaan tilawah selepas subuh. Anak saya ternyata menikmati ritme bundanya yang sebelumnya agak susah untuk duduk tenang dengan mainannya.

"Bunda hari ini libur dulu mengajinya, kita dengarkan boneka hafiz dulu, yuk!"

Selain itu, saya merasakan lebih santai dalam menghadapi masalah, beberapa problem yang saya lalui bisa dihadapi tanpa harus banyak bicara dan menguras emosi. Sakit kepala yang sering saya alami juga semakin berkurang. Jadi merasa lebih sehat secara psikologis juga fisiologis.

Itulah yang saya rasakan, mungkin kita sebagai seorang manusia ingin sekali menjadi baik, lebih baik lagi, dan bertahan untuk tetap menjadi baik. Mempunyai komunitas yang mendorong diri menjadi baik adalah salah satu hal yang sangat saya syukuri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

LanjutkanSaya sukaaaw

26 Jun
Balas

Terimakasih ibu

26 Jun

Subhanallah.....semoga bisa Istiqomah yah Bun.Sehingga pantas mendapatkan syafaat dari Al-Qur'an yang bunda baca.

26 Jun
Balas

Terimakasih Pak Akidin, semoga kita selalu semangat tilawah

26 Jun

Terimakasih Pak Akidin, semoga kita selalu semangat tilawah

26 Jun

Maa sha Allah, menginspirasi dan memotivasi Bu. Grup ODOJ saya 4 thn lalu hilang krn HP saya hilang.

26 Jun
Balas

MaasyaAllah,, semoga kita bisa Istiqomah ya, Bu.

26 Jun

tetap semangat. salam tuk anak ibu.

27 Jun
Balas

Terimakasih pak.

27 Jun

Mantab Bu, mmg dalam beribadah kalau dilakukan berjamaah terasa ringan, boleh Bu kalau ada KOMUNITAS ODOJ kabar2i ya

04 Jul
Balas

Bagus, bu... Tulisan yang menyejukkan

26 Jun
Balas

Terimakasih, Bu.

26 Jun

MasyaAlloh....jd kangen ODOJ,smpt jd member tp terkndala dgn kondisi salam kenal dari yanti Banten

26 Jun
Balas

Semangat!

26 Jun

Keren bu.. Salam literasi.

26 Jun
Balas

Salam literasi!

26 Jun

Laanjut bu. Bagus..

26 Jun
Balas

Terimakasih Bu.

26 Jun

Lanjutin bu bagus

26 Jun
Balas

Terimakasih bu

26 Jun

Terimakasih bu

26 Jun

Masya Allah. Suka sekali

26 Jun
Balas

Terimakasih.

26 Jun

Bagus banget buu..seperti sudah biasa menulis sebagai penulis

26 Jun
Balas

Terimakasih, masih belajar nulis Bu.

27 Jun

Keren...lanjutkan ...salam literasi

26 Jun
Balas

Salam literasi!

26 Jun

tetep semangat bunda..be the best !

30 Jun
Balas



search

New Post