khairiyati

Teruslah menulis....mana tahu di antara tulisan kita bisa mengispirasi dan memotivasi orang lain... ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Story Telling

Seorang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar, tidak bisa lagi menahan matanya yang mulai meredup, setelah sekian lama ia memelototi layar kaca yang berada di depannya, akhirnya ia menyerah dan matanya pun terpejam. Ia tertidur pulas di depan televisi sampai akhirnya orang tuanya mengangkat dan membawanya ke kamar.

Pada saat ini sangat jarang ditemukan orang tua yang masih membacakan buku cerita atau mendongeng sebelum anaknya tidur sebagai pengantar tidur bagi buah hati mereka. Hal ini terjadi karena kesibukan orang tua atau adanya tontonan yang lebih menarik perhatian anak menyebabkan kegiatan ini tidak terlaksana.

Generasi puluhan tahun yang lalu, tentunya sangat familiar dengan kebiasaan ini. Begitu malam menjelang dan mata sudah mengantuk orang tua akan menemani anaknya tidur sambil bercerita atau membacakan sebuah dongeng. Sampai akhirnya mereka tidak mendengar lagi kisah yang dibacakan karena sudah berada di alam mimpi.

Bercerita atau mendongeng adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan terutama bagi anak-anak. Apa saja yang akan diperoleh dari kegiatan mendongeng ini

Menciptakan komunikasi dua arah

Dengan mendongeng akan terjalin komunikasi antara orang tua dengan anak, apalagi kalau dari cerita tersebut dapat menimbulkan pertanyaan bagi anak terhadap cerita yang disampaikan.

Anak merasa disayangi

Anak merasa sangat senang dengan kegiatan ini karena ia merasa diperhatikan dan ia merasa disayangi oleh orang tuanya dengan meluangkan waktu untuk membacakan dongeng untuk mereka.

Sarana menanamkan nilai-nilai karakter kepada anak

Dalam memilih cerita yang dibacakan atau diceritakan orang tua harus menyeleksi terlebih dahulu cerita yang akan dibacakan, dan tentunya disesuaikan dengan tingkat usia anaknya. Cerita yang akan sampaikan adalah cerita yang berisi kisah yang bisa menjadi panutan dan pembelajaran bagi anak, sehingga secara tidak langsung akan tertanam karakter baik sesuai dengan kisah yang diceritakan

Menanamkan kegiatan literasi dari dini

Mendongeng dan membacakan cerita dari buku yang berbeda-beda secara tidak langsung membuat anak tertarik kepada buku cerita dan kegiatan membaca. Yang pada akhirnya akan menambah perbendaharaan ilmu, cerita yang mereka miliki.

Ayo… hidupkan lagi kegiatan mendongeng untuk generasi kita terutama yang masih kecil.

Payakumbuh, 06012022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju ..bagus itu un...

07 Jan
Balas

Terimakasih yeli...

01 Feb



search

New Post