Khalida Agustina

Guru IPA di MTsN 3 Medan...

Selengkapnya
Navigasi Web

KARYA INOVATIF DALAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) -1

TANTANGAN HARI KE 36

#TANTANGANGURUSIANA

A. PENDAHULUAN

Banyak guru yang sudah melakukan terobosan dan inovasi dalam mengembangkan dirinya agar menjadi guru yang berkualitas. Menurut Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (2010) bahwa sebagai konsekuensi guru profesional adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan baik secara individu maupun kolektif dengan kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah serta karya inovatif.

Banyak karya guru yang sangat menarik seperti: membuat kuiz online, membuat media blog, membuat media TTS, membuat media video, pembelajaran karakter Dan lain-lain semuanya para guru buat dan kita saksikan di kegiatan vicon kita. Namun sudahkah semuanya dibuatkan laporan ilmiahnya sehingga bernilai guna?

Unsur kegiatan jabatan fungsional guru yang dapat dinilai angka kreditnya (kenaikan pangkat permen PAN dan RB no 16 tahun 2009) dapat berupa :

a. Unsur Utama (MIN.90%)

1. Pendidikan;

2. Pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah (PKG)

3. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)

b. Unsur Penunjang (MAKS.10%)

1. Memperoleh Gelar Ijazah yg tidak sesuai dengan bidang yg diampunya;

2. Memperoleh Penghargaan/Tanda Jasa;

3. Melaksanakan Kegiatan yang mendukung tugas Guru seperti Membimbing siswa dalam PPL/PraktikIndustri/Ekskul, Menjadi Anggota Organisasi Profesi/Kepramukaan, Menjadi Tim Penilai Angka Kredit dan atau menjadi Tutor/pelatih/instruktur.

Unsur a point 3 pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dapat berupa pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Dalam hal ini akan difokuskan pembahasan pada karya inovatif.

B. KARYA INOVATIF DALAM PKB GURU

Berdasarkan Permenpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bergradasi, dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan salah satu dari unsur utama yang kegiatannya dapat diberikan angka kredit.

Karya inovatif adalah karya yang bersifat pengembangan, modifikasi, atau penemuan baru sebagai bentuk kontribusi guru terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni (Bustami, 2009).

Kegiatan PKB yang berupa karya inovatif, terdiri dari 4 (empat) kelompok, yakni:

1. menemukan teknologi tepatguna;

2. menemukan/menciptakan karya seni;

3. membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/ praktikum;

4. mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya

Penilaian Karya Inovatif untuk kelompok 1 orang = 100% 2 orang = 60% dan 40% 3 orang = 50% dan 25%-25% 4 orang = 40% dan 20%-20%-20%. Kategori Karya Inovatif Komplek Sederhana Karya Seni = ditinjau dari nilai seni atau lingkup sebaran/publikasinya Non Karya Seni = ditinjau dari sisi Inovasi

Kategori Karya Inovatif dari sisi Inovasi Kategori Kompleks Seni tinggi/pengakuan dari tingkat prov/nasional Belum pernah ada sebelumnya. Yang dibuat sekarang lebih baik dari sebelumnya (lebih mudah digunakannya, lebih praktis, lebih efisien dan sebagainya) banyak modifikasi daripada yang ada sebelumnya Kategori Sederhana Seni biasa/pengakuan dari tingkat kecamatan/ kabupaten/kota Sudah pernah ada sebelumnya. Yang dibuat sekarang sama baiknya dari sebelumnya (dari penggunaannya, dari kepraktisannya, dari efisiensinya dan sebagainya) sedikit modifikasi daripada yang ada sebelumnya.

Membuat Karya Sains/Teknologi Tepat Guna karya hasil rancangan/pengembangan/ percobaan sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.

Jenis Karya Sains/Teknologi 1). Media pembelajaran/bahan ajar interaktif berbasis komputer untuk setiap standar kompetensi atau beberapa kompetensi dasar. 2). Program aplikasi komputer untuk setiap aplikasi. 3). Alat/mesin yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat untuk setiap unit alat/mesin. 4). Bahan tertentu hasil penemuan baru atau hasil modifikasi tertentu untuk setiap jenis bahan. 5). Konstruksi dengan bahan tertentu yang dirancang untuk keperluan bidang pendidikan atau kemasyarakatan untuk setiap konstruksi. 6). Hasil eksperimen/percobaan hasil eksperimen. sains/ teknologi untuk setiap 7). Hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran (Kuswara, 2008).

Ciri Karya Sains/Teknologi Bermanfaat untuk tugas pendidikan atau masyarakat. Ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah/ madrasah atau di lingkungan masyarakat tersebut. Karya sains/teknologi yang digunakan untuk masyarakat harus memiliki surat keterangan dari pihak berwenang minimal dari kepala desa/kelurahan atau instansi tempat karya sains/teknologi digunakan.

Angka Kredit Karya Sains/ Teknologi Kategori kompleks = 4 Kategori sederhana = 2. Hasil Pengembangan Model Pembelajaran Makalah Model Pembelajaran (disertai video model pembelajarannya) Makalah Model Pelatihan (disertai video model pelatihannya) Makalah Model Pembimbingan (disertai video model pembimbingannya)

Media dan alat bantu pembelajaran Poster yang dibuat rapih dan menarik Model benda/barang atau alat tertentu yang digunakan untuk pembelajaran Film/video/animasi komputer yang digunakan untuk memperjelas konsep materi pembelajaran (biasanya ada dalam media presentasi/power point) Alat bantu pembelajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post