Khalida Agustina

Guru IPA di MTsN 3 Medan...

Selengkapnya
Navigasi Web
MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMP/MTs - OBEK IPA & PENGAMATANNYA (1)

MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMP/MTs - OBEK IPA & PENGAMATANNYA (1)

IPA-3.1/4.1/1/1-1

1. 1. IDENTITAS

a. Mata Pelajaran : IPA

b. Semester : 1(satu)/Ganjil

c. Kompetensi Dasar :

d. Materi Pokok : Penyelidikan IPA

e. Alokasi Waktu : 3 Jampel

f. Tujuan Pembelajaran :

d. Materi Pembelajaran :

Bacalah Buku Teks Pelajaran (BTP): IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 1, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, edisi revisi 2017 hal. 1 s.d. 7

1. .PETA KONSEP

3. PROSES BELAJAR

Perhatikan gambar berikut ! :

Gambar di atas adalah objek Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam belajar IPA kamu dapat mempelajarinya.

Lakukan kegiatan mengamati teman pada halaman 2 buku IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 1, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, edisi revisi 2017 sebagai berikut:

Hindari tafsiran yang dapat mempengaruhi hasil pengamatan. Misalnya adalah sebagai berikut.

Pengamatan : Andi berambut hitam ikal, berkulit putih, hidung mancung, bibir tipis.

Penafsiran : Andi sombong dan tidak berhati lembut.

Tuliskan hasil pengamatan pada kotak dibawah ini :

Untuk mengetahui bagaimana penyelidikan IPA dilakukan sebagai kerja ilmiah, bacalah buku IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 1, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, edisi revisi 2017 halaman 3.

Kegiatan Belajar 1

Lakukan kegiatan kelompok seperti panduan yang ada pada halaman 3 bukumu sebagai berikut:

Sebelum mencelupkan kertas tisu yang digores spidol kedalam gelas, buat dulu prediksi (dugaan) apa yang akan terjadi dengan tulisan spidol pada kertas tisu? Tuliskan prediksi dan hasil pengamatanmu pada kotak data pengamatan berikut :

Ayo Berpikir Kritis!

Tuliskan penjelasanmu pada kotak yang tersedia :

Baca kembali buku cetak halaman 4 s/d 6, pahami langkah-langkah apa saja yang dilakukan seorang ilmuwan IPA sehingga menemukan suatu ide atau penemuan baru yang berguna bagi kehidupan manusia. Bertanyalah pada guru jika belum memahaminya. Semoga kelak kamu dapat menjadi salah satu ilmuwan IPA.

Kegiatan Belajar 2

Buatlah laporan percobaaan yang terdiri dari 1). Judul Percobaan, 2). Tujuan Percobaan, 3). Langkah kegiatan dari mulai ; pengamatan, inferensi dan kesimpulan (komunikasi). Tulislah pada kertas folio. Mintalah bimbingan guru dalam kegiatan menulis laporan.

Setelah kamu belajar tentang bagaimana langkah –langkah penyelidikan ilmiah, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri Anda terhadap materi yang sudah dipelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKBM ini di tabel berikut!

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam buku teks pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan yang kurang kamu pahami yang sekiranya perlu Anda ulang dengan bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Apabila Anda menjawab “YA” pada semua pertanyaan, lanjutkanlah ke UKBM berikutnya.

Berilah penilaian pada diri anda terhadap penguasaan materi dengan rentang nilai 0-100 pada kotak dibawah ini !

Kamu dapat menghitung nilaimu dengan rumus :

Tuliskan nilai perolehan pada kotak berikut:

TANTANGAN HARI KE 22

#TANTANGANGURUSIANA

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post