Khalida Agustina

Guru IPA di MTsN 3 Medan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Modul/UKBM IPA Kelas VII SMP/MTs - Klasifikasi Makhluk Hidup (1)

Modul/UKBM IPA Kelas VII SMP/MTs - Klasifikasi Makhluk Hidup (1)

TANTANGAN HARI KE 26

#TANTANGANGURUSIANA

Klasifikasi Makhluk Hidup

1. IDENTITAS

a. Mata Pelajaran : IPA

b. Semester : 1(satu)/Ganjil

c. Kompetensi Dasar :

3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

d. Materi Pokok : Mengidentifikasi Benda-benda disekitar

e. Alokasi Waktu : 2 Jampel

f. Tujuan Pembelajaran :

Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi, tanya jawab, analisis, penugasan, dan presentasi dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat :

1. Menjelaskan bendabenda di sekitar yang bersifat alamiah.

2. Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.

3. Menjelaskan bendabenda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana

4. Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.

5. Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya

g. Materi Pembelajaran :

Bacalah Buku Teks Pelajaran (BTP): IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 1, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang materi klasifikasi makhluk hidup

2. .PETA KONSEP

3. PROSES BELAJAR

a. Pendahuluan

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita terdiri atas benda-benda. Coba perhatikan meja belajar dan tumbuhan. Apa bedanya meja belajar dan tumbuhan yang ada di sekitarmu? Apakah tumbuhan mempunyai kemampuan untuk tumbuh dan berkembang, bernapas, dan berkembang biak? Bandingkan ciri-ciri tumbuhan tersebut dengan ciri-ciri meja belajar. Apa beda tumbuhan dan kucing piaraanmu? Secara garis besar, benda-benda di alam semesta ini terdiri atas benda hidup (makhluk hidup) dan benda tak hidup. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Dalam bab ini, kamu akan mempelajari karakteristik benda hidup (makhluk hidup) dan benda-benda tak hidup yang ada di lingkungan sekitar serta bagaimana mengklasifikasikannya.

Kamu akan kagum terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan bumi beserta segala isinya. Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup dengan sangat teratur. Tuhan Yang Maha Esa juga menciptakan alam semesta ini dengan sempurna, seperti air, udara, hutan, batuan, dan berbagai macam mineral yang terdapat dalam perut bumi. Oleh karena itu, kamu wajib selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kamu sebagai makhluk yang paling sempurna. Kamu juga wajib menjaga alam semesta ini agar

tetap lestari dan tidak dicemari oleh, berbagai macam zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan karena itu kamu harus bersungguh-sungguh mempelajari karakteristik benda-benda di sekitarmu. Kemudian mengklasifikasikannya berdasarkan sifat-sifat atau ciri-ciri dari benda-benda tersebut.

b. Inti

Kegiatan belajar 1

Secara berkelompok pergilah keluar kelas, amati sekitar halaman sekolah , lakukan kegiatan berikut :

1. Buatlah kelompok kerja, terdiri atas 5-6 orang. Isilah nama benda yang kamu temukan dilingkungan sekitar sekolah pada tabel yang tersedia, kemudian Berilah tanda centang (√) ciri-ciri benda yang sesuai, yaitu benda dapat bergerak, tumbuh dan berkembang, bernapas, berkembang biak, memerlukan nurtisi, dan peka terhadap rangsang (irritabilitas).

1. Dari hasil pengamatanmu, adakah benda-benda yang mempunyai ciri yang sama?

2. Bandingkan hasilnya dengan pengamatan kelompok lain.

3. Tulislah kesimpulan dari hasil pengamatanmu

4. Bandingkan dan Simpulkan

Bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasil pengamatan temanmu. Catat persamaan dan perbedaannya. Coba diskusikan, jika hasil pengamatan dikomunikasikan kepada orang lain, apakah orang tersebut memperoleh pemahaman yang sama? Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, buatlah kesimpulan secara bersama-sama mengenai hasil pengamatan tersebut.

Kegiatan belajar 2

Lakukan kegiatan berikut :

Kegiatan Mengklasifikasikan benda

Benda-benda di sekitarmu dapat dikenal, yaitu mempunyai ciri-ciri berikut ini.

1. Bentuk benda berbeda-beda.

2. Ukuran benda berbeda-beda.

3. Warna benda berbeda-beda.

4. Keadaan permukaan benda berbeda-beda.

5. Bahan penyusun benda berbeda-beda.

Klasifikasikanlah benda-benda di sekitarmu dengan mengelompokkannya berdasarkan kelima ciri di atas. Tuliskan di buku kerjamu!

Ayo Berfikir Kritis

Benda-benda di alam semesta sangat bervariasi dan berbeda-beda. Bagaimana caramu mengamati perbedaan benda-benda tersebut? Mengapa kamu menjawab seperti itu? Coba jelaskan. Tuliskan di buku kerjamu

b. Penutup

Setelah kamu belajar pengamatan alam sekitar, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri Anda terhadap materi yang sudah dipelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKBM ini di tabel berikut!

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam buku teks pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan yang kurang kamu pahami yang sekiranya perlu Anda ulang dengan bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Apabila Anda menjawab “YA” pada semua pertanyaan, lanjutkanlah ke UKBM berikutnya.

Berilah penilaian pada diri anda terhadap penguasaan materi dengan rentang nilai 0-100 pada kotak dibawah ini !

Kamu dapat menghitung nilaimu dengan rumus :

NILAI

Tuliskan nilai perolehan pada kotak berikut:

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post