Khalida Agustina

Guru IPA di MTsN 3 Medan...

Selengkapnya
Navigasi Web
MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMP/MTs - OBJEK IPA & PENGAMATANNYA (4)

MODUL/UKBM IPA KELAS VII SMP/MTs - OBJEK IPA & PENGAMATANNYA (4)

OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA

1. IDENTITAS

a. Mata Pelajaran : IPA

b. Semester : 1(satu)/Ganjil

c. Kompetensi Dasar :

3.1. Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standard (baku)

4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

d. Materi Pokok : Besaran Turunan

e. Alokasi Waktu : 3 Jampel

f. Tujuan Pembelajaran :

Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi, tanya jawab, analisis, penugasan, dan presentasi dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat :

1. Menjelaskan pengertian besaran turunan

2. Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya

3. Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

g. Materi Pembelajaran :

Bacalah Buku Teks Pelajaran (BTP): IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 1, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang materi besaran turunan

2. .PETA KONSEP

3. PROSES BELAJAR

a. Pendahuluan

.Besaran-besaran yang dapat diukur selain 7 (tujuh) besaran pokok termasuk besaran turunan. Disebut besaran turunan karena besaran-besaran tersebut dapat diturunkan dari besaran-besaran pokoknya. Misalnya, luas ruang kelasmu. Jika ruang kelasmu berbentuk persegi, maka luasnya merupakan hasil perkalian panjang dengan lebar. Perhatikan, bahwa panjang dan lebar merupakan besaran pokok panjang. Dalam SI, panjang diukur dengan satuan meter (m). Luas dalam SI memiliki satuan meter x meter, atau meter persegi (m2). Contoh besaran turunan yang lainnya adalah volume, konsentrasi larutan, dan laju pertumbuhan.

b. Inti

Bacalah buku teks pelajaran (BTP) IPA kelas VII semester 1 tentang materi besaran turunan, , macam besaran turunan seperti luas, volume, konsentrasi larutan dan laju pertumbuhan. Lakukan kegiatan berikut untuk lebih memahaminya!

Kegiatan belajar 1

Mengukur Luas

Untuk benda yang berbentuk persegi, luas benda dapat ditentukan denga mengalikan hasil pengukuran panjang dengan lebarnya. Bagaimanakah cara mengukur luas benda yang berbentuk tidak teratur, misalnya luas sehelai daun? Lakukan kegiatan berikut!

Buatlah laporan dari kegiatan diatas dalam kertas folio!

Kegiatan belajar 2

Mengukur Volume

Misalnya, kamu mempunyai dua wadah, yakni kaleng besar dan kaleng kecil. Jika dipergunakan untuk menampung air, kaleng besar pasti dapat menampung air lebih banyak. Hal tersebut terkait dengan besarnya ruangan yang terisi oleh materi, biasanya disebut volume. Jika volume suatu benda lebih besar, maka benda itu dapat menampung materi lebih banyak dibandingkan benda lain yang volumenya lebih kecil. Volume merupakan besaran turunan yang berasal dari besaran pokok panjang. Volume benda padat yang bentuknya teratur, contohnya balok, dapat ditentukan dengan mengukur terlebih dahulu panjang, lebar, dan tingginya, kemudian mengalikannya. Jika kamu mengukur panjang, lebar, dan tinggi balok menggunakan satuan sentimeter (cm), maka volume balok yang diperoleh dalam satuan sentimeter kubik

(cm3). Jika, panjang, lebar, dan tinggi diukur dalam satuan meter (m), maka volume yang diperoleh satuannya meter kubik (m3).

Lalu bagaimanakah mengukur volume benda tidak beraturan? Lakukan kegiatan berikut:

Siapkan alat bahan berikut :

1. Gelas ukur

2. 4 buah Batu ukuran berbeda

Langkah Kegiatan

Isi gelas ukur dengan air! Catat ke dalam tabel V0. Masukkan batu ke dalam gelas ukur yang berisi air! Catat ke dalam tabel V1

Vo : volume air (ml) V1 : volume air dan batu (ml)

Kegiatan belajar 3

Konsentrasi Larutan

Misalnya, kamu membuat larutan gula dengan memasukkan gula ke dalam air, kemudian kamu cicipi. Jika kurang manis, kamu dapat menambahkan gula lagi. Makin banyak gula yang ditambahkan, makin manis rasa larutan itu. Selain rasa manis yang bersifat kualitatif (hasil indra pengecap), adakah besaran yang dapat digunakan untuk menggambarkan banyaknya gula dan air di dalam larutan ter-sebut? Salah satu besaran yang dapat digunakan adalah konsentrasi larutan

(K). Ada banyak cara untuk merumuskan konsentrasi larutan. Pada contoh larutan tersebut, konsentrasi dapat dirumuskan sebagai massa gula (zat terlarut) dibagi volume air (zat pelarut), yaitu:

Ayo Latihan

1. Apakah yang dimaksud dengan besaran turunan?

2. Mengapa volume termasuk besaran turunan?

3. Jika ibumu melarutkan 5 gram garam dapur ke dalam 250 mL air, berapakah konsentrasi larutan garam yang terjadi dalam satuan g/L?

4. Anita menanam kacang hijau dalam pot. Pada awal pengukuran, tinggi kecambah dari permukaan tanah 2 cm. Selang 5 hari kemudian, ternyata tinggi kecambah menjadi 8 cm. Berapakah laju pertumbuhannya?

b. Penutup

Setelah kamu belajar tentang besaran turunan, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri Anda terhadap materi yang sudah dipelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKBM ini di tabel berikut!

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam buku teks pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan yang kurang kamu pahami yang sekiranya perlu Anda ulang dengan bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Apabila Anda menjawab “YA” pada semua pertanyaan, lanjutkanlah ke UKBM berikutnya.

Berilah penilaian pada diri anda terhadap penguasaan materi dengan rentang nilai 0-100 pada kotak dibawah ini !

Kamu dapat menghitung nilaimu dengan rumus :

NILAI

Tuliskan nilai perolehan pada kotak berikut:

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post