Khalid Alrasyid

Khalid terlahir di Pamekasan, Tinggal di Mojokerto. Karyanya dapat diapresiasi di Kitab Putiba Indonesia " Takziah Bulan Tujuh", segugus sajak "Suara-Suara Gaga...

Selengkapnya
Navigasi Web
BAGAIMANA MENULIS PUISI?

BAGAIMANA MENULIS PUISI?

Sebenarnya tidak ada teori atau kiat khusus menulis puisi. Karena masing-masing penulis memiliki cara, gaya, dan teknik menulisnya sendiri. Cara belajar menulis puisi hanyalah dengan membaca karya puisi yang sudah diakui karena kerja keras, cinta, dan konsistensi kepenulisannya. Misal kita membaca karya Sapardi Joko Darmono, Umbu Landu Paranggi, D. Zawawi Imron dll. Dari puisi-puisi mereka kita bisa belajar kalimat yang efektif untuk puisi, diksi yang pas, tema yang diangkat, gaya penuturan, dan sebagainya.

Contoh Puisi dengan kalimat yang efektif.

KALENDER WAKTU

: Gagak

//

Di halaman puisi

Lelaki itu bersembunyi

Di bilik mei yang sunyi

Ditanggalkannya daun-daun

Satu-satu, serupa rahasia

//

Ia berdiri, di pintu dan jendela

Menjadi semoga,

Tanpa lilin menyala

Meninggalkan gurat kenangan

Dari derik reranting

//

Meneguk musim baru yang membiru

Mendekap harapan di dalam kalbu

: Tuhan memberkati

Mojokerto, 150522

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

16 Oct
Balas



search

New Post