Khalid Wahyudin

Khalid Wahyudin hanya seorang guru sekolah gunung yang tengah berpacu dengan asa terindahnya. Sejak 2009 hingga kini, saat amanah sebagai abdi negara diterima...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kita adalah Pengembara

Kita adalah Pengembara

“Hiduplah engkau di dunia ini seakan-akan orang asing atau pengembara,” demikian pesan Nabi kepada Ibnu Umar, ketika itu. Ibnu Umar menegaskan, “Jika kamu berada di sore hari, jangan menunggu pagi hari, dan jika engkau di pagi hari jangan menunggu sore. Manfaatkan masa sehatmu sebelum datang sakitmu dan masa hidupmu sebelum datang kematianmu.” Ini adalah sebuah peringatan. Kematian bisa datang tiba-tiba. Jika manusia tak menyiapkan diri, ia pasti akan merugi.

Hidup di dunia hanya sementara, teramat sayang jika harus berakhir sia-sia. Karenanya, memanfaatkan hidup dengan beramal-ibadah adalah langkah bijaksana. Sebaliknya, menjalani hidup seakan-akan kekal di dunia adalah perbuatan menjerumuskan yang berakhir sengsara.

Hiduplah seperti pengembara yang datang sekadar singgah. Tak hendak tinggal selamanya. Karena, ia tahu pasti akan meninggalkannya. Surga adalah kampung halaman manusia sebenarnya. Tempat tinggal terbaik untuk persinggahan selamanya. Siapa yang tak akan merasa rindu kembali ke sana.

Setiap pengembara pasti sadar diri, perjalanan jauh menguras energi. Tak cukup bekal sama halnya bunuh diri. Jika pengembara tak pandai menjaga diri, pasti akan sengsara di perjalanannya nanti. Dunia hanya tempat berteduh. Akhiratlah tempat manusia berlabuh.

Kita adalah pengembara. Tak akan pernah lama singgah di dunia. Akhirat sudah pasti menjadi tujuan akhirnya. Tak peduli siapa pun diri kita, raja ataupun rakyat jelata, kita pasti akan kembali kepada-Nya. Perjalanan jauh yang akan ditempuh menyaratkan kita bersungguh-sungguh. Kalau tidak, sungguh manusia akan terjatuh. Patuhi perintah-Nya jauhi segala larangan-Nya, jalan kita selamat dunia dan akhirat. Wallahualam bissawab. (*)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju sekali pak, ketika diri menyadari bahwa hidup itu sementara dan hanya sebagai pengembara, maka menyiapkan perbekalan merupakan keniscayaan agar dalam perjalanan tersebut dapat dilalui dengan baik. Sukses selalu dan barakallah

28 Dec
Balas

Mantap pak

28 Dec
Balas



search

New Post