Khatijah, S.Pd

Khatijah adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Tapen Bondowoso Jawa Timur. Menulis adalah hal yang menjadi hoby. Kegiatan menulis yang pal...

Selengkapnya
Navigasi Web
Misteri Suara Langkah Kaki dalam Ulasan

Misteri Suara Langkah Kaki dalam Ulasan

Misteri Suara Langkah Kaki dalam Ulasan

Oleh: Khatijah

Judul Buku: Misteri Suara Langkah Kaki

Pengarang:   Nani Yuliani, S.E.

Kategori: Novelet (Fiksi)

Penerbit: Pustaka MediaGuru

ISBN: 978-623-272-441-9

Tebal: 56 Halaman

 

Warna hitam yang menjadi latar sampul buku ini menggambarkan suasana mistis yang menakutkan, tapi sekaligus membuat penasaran. Apalagi dilengkapi dengan gambar seseorang yang melangkah di lorong sunyi yang hanya tampak dari belakang ini menimbulkan banyak pertanyaan dan tidak sabar untuk segera melahap habis seluruh isinya.

Karya indah ini bisa dikategorikan sebagai novelet. Dikatakan novelet karena memiliki bentuk lebih kecil dari novel (Wikipedia). Novelet memiliki jumlah halaman antara 60-100 (adjar.grid.id/amp/5427). Sedangkan novel selain lebih tebal, harus memiliki multikonflik. Konflik dalam novel harus melibatkan tokoh-tokoh. Misalnya tokoh utama A berkonflik dengan tokoh B, tokoh B berkonflik dengan tokoh C, bisa juga tokoh B berkonflik dengan tokoh A dan C juga D dan seterusnya. Alur novel lebih kompleks, latar lebih luas, dan penokohan lebih detail (Istiqomah: Handout Kelas Novel 1 MGI). 

Buku fiksi setebal 56 halaman ini ditulis oleh seorang pengarang yang juga seorang guru di MTs Negeri 1 Cilegon, Banten, Ibu Nani Yuliani. Di sela-sela kesibukannya, Bu guru cantik pengajar mata pelajaran IPS ini sangat produktif dalam menulis. Empat buku karya solo dan puluhan buku antologi sudah ditulisnya. Belum juga yang tersebar di blog gurusiana dan grup Face Book MediaGuru Indonesia. Salah satunya bukunya berjudul Misteri Suara Langkah Kaki. Dari judulnya saja sudah bisa ditebak bahwa isinya bercerita tentang hal-hal yang misterius. Barangkali kisah-kisah horor yang sering ditulisnya itu yang membuat Ibu Nani Yuliani mendapat predikat Miss Horor.

Membaca buku ini, kita seolah diajak berpetualang di sebuah keadaan yang membuat bulu kuduk berdiri. Kemesteriusan suara langkah dan kejadian lain yang dialami oleh para tokoh digambarkan dengan kalimat-kalimat yang apik. Setting tempat di Bandung dan sekitarnya yang dideskripsikan membawa suasana sejuk. Hal ini membuat saya ingin terus membuka lembar-lembar berikutnya untuk terus menikmati keindahan kisah dan konflik yang dialami oleh para tokoh cerita. Bersyukur hingga akhirnya dapat menuntaskan membaca seluruhnya.

Buku ini sangat mengasyikkan untuk dibaca. Sekali membuka lembar pertamanya, akan terus penasaran mengikuti kisah berikutnya. Menurut kata pengantarnya, cerita yang ditulis di sini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di sebuah tempat kos. Selain berbau mistis, cerita ini menyuguhkan trik untuk mengungkap misteri yang dihadapi oleh para tokoh.  

 

Bondowoso, Desember 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa menginspirasi bunda

03 Dec
Balas

Terima kasih Pak Tri...

03 Dec

Buku kesukaan ibu mertuaku

03 Dec
Balas

Hehehe terima kasih bunda

04 Dec

Oooh bunda tersayang terima kasih sudah berkenan membeli dan meresensi buku novel saya, sungguh merasa tersanjung saya bund love you

03 Dec
Balas

Menarik nich. Pengen membaca.

03 Dec
Balas



search

New Post