Khitotun Nadimah,S.Pd.

Guru di SD Negeri Pasarbatang 01 yang selalu tertarik dengan hal-hal baru, terutama berkaitan dengan literasi. Belajar dan terus belajar adalah motto hidup saya...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMANFAATAN MEDIA PAPAN DIAGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Foto Alat Peraga Papan Diagram (PaDi)

PEMANFAATAN MEDIA PAPAN DIAGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

PEMANFAATAN MEDIA PADI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGELOLAAN DATA BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PASARBATANG 01 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Oleh : Khitotun Nadimah,S.Pd.

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan kompetensi menghantarkan panas bagi peserta didik kelas IV dengan memanfaatkan Media Padi pada peserta didik kelas IV SD Negeri Pasarbatang 01 Semester II Tahun Pelajaran 2023/2024. Menurut pendapat ahli pendidikan, menggali potensi pada peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Pasarbatang 01, peserta didik kelas IV Semester II Tahun Pelajaran 2023/2024. Jumlah siswa Laki-laki: 13 dan Perempuan: 17 sehingga jumlah siswa semua ada 30.

Dalam penelitian ini untuk data kuantitatif tentang hasil belajar dianalisis dengan menggunakan Analisis Deskriptif Komparatif yaitu dengan membandingkan hasil belajar kondisi awal dengan siklus I dan siklus I dengan siklus II.

Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi, tes dan nontes.Dari pengumpulan data tersebut diperoleh data kondisi awal, hasil siklus I dan hasil siklus II. Kondisi awal rata-rata kelas (40), hasil siklus I (64), hasil siklus II (76).

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata dari kondisi awal ke siklus I meningkat 24%, dan meningkat lagi 36 %dari kondisi awal ke siklus II.

Pemanfaatkan Media Padi dapat meningkatkan hasil belajar dari siklus I nilai rata-rata 64 pada siklus II menjadi 76 karena motivasi belajar nilai kondisi awal sangat rendah di bawah KKM (<60,00). Setelah diadakan tindakan kelas saat pembelajaran berlangsung guru memanfaatkan Media Diagram dipadukan belajar kelompok sambil membantu kelompok lain yang mengalami kesulitan dalam memanfaatkan Papan Diagram.Hasil belajar peserta didik meningkat, saat pelaksanaan penelitian dari siklus I ke siklus II.

Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan media Papan Diagram dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pengelolaan data bagi peserta didik kelas IV SD Negeri Pasarbatang 01 Semester II Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci: Media Papan Diagram, Hasil Belajar, Pengelolaan data

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasan nya

08 Mar
Balas

Terima kasih Ibu Risma

08 Mar

Keren ulasannya, salam sukses

08 Mar
Balas

Terima kasih Bu Zuyyinah

08 Mar

Mantap

08 Mar
Balas

Terima kasih Pak Sandi,baru belajar menulis

08 Mar



search

New Post