Khoen Eka Anthy

Berselancar dengan kata-kata telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kesehariannya, terlebih setelah menjadi editor di MediaGuru. Selalu berusaha berbua...

Selengkapnya
Navigasi Web
INI CONTOH SOAL AKM TINGKAT SMA - SMK PADA SSK (SOAL SINONIM-1)

INI CONTOH SOAL AKM TINGKAT SMA - SMK PADA SSK (SOAL SINONIM-1)

Pada 13 Oktober 2020, dilaksanakan Simulasi Skala Kecil (SSK) AKM oleh Pusmenjar. Saya termasuk proktor sekolah yang berperan sebagai peserta. Sebelum ikut SSK ini, saya telah mencari berbagai contoh soal AKM untuk tingkat SMA, ternyata, soal-soal yang beredar di dunia maya berbeda dengan yang saya kerjakan kemarin.

Ternyata, soal AKM yang digunakan untuk SSK kemarin, mirip dengan soal yang diujikan untuk tes CPNS, seperti: tes kemampuan verbal, tes kemampuan kuantitatif (numerik), dan tes kemampuan penalaran. Tiga jenis tes lain yaitu tes Kuesioner, Kompetensi Minimal, dan Karakter Minimal.

Tes kemampuan verbal yang muncul di SSK kemarin yaitu padanan kata (sinonim), lawan kata (antonim), analogi, pemahaman wacana. Untuk tes kemampuan tes kuantitatif, yang diujikan adalah materi deretan angka, serta aritmatika dan konsep aljabar. Sedangkan, tes kemampuan penalaran yang diujikan meliputi penalaran logis dan penalaran analitis.

Berikut adalah contoh soal TES KEMAMPUAN VERBAL: PADANAN KATA (SINONIM). Jika masih asing dengan kata-kata di bawah, kita harus membuka kamus untuk mengetahui maknanya kemudian menentukan padanan katanya.

1. DELEGASI:

A. Penunjukan

B. Perutusan

C. Perwakilan

D. Perwalian

E. Pemilihan

2. EKSKAVASI:

A. Pemindahan

B. Penempatan

C. Penggalian

D. Pengalihan

E. Penanganan

3. AKSELERASI:

A. Perlambatan

B. Pergerakan

C. Percepatan

D. Perkembangan

E. Pertumbuhan

4. DISTANSI:

A. Waktu

B. Tempat

C. Jarak

D. Antara

E. Sosial

5. STAGNASI:

A. Kemantapan

B. Kestabilan

C. Kejenuhan

D. Kemajuan

E. Kemandekan

6. RELEVANSI:

A. Kesamaan

B. Kemiripan

C. Keterkaitan

D. Keadaan

E. Kenyataan

Sebagai tambahan perbendaharaan kata yang mirip dengan contoh di atas, kita dapat mencari padanan kata, misalnya DEVIASI, REFRAKSI, INFILTRASI, DETERIOSASI, dan ABOLISI.

Itulah beberapa contoh soal AKM untuk tes kemampuan verbal. Apakah sulit? Ya, karena opsinya cukup mirip. Sebenarnya, kata-kata itu tidak asing di telinga kita, hanya saja acap kali kita tidak tahu maknanya. Nah, berarti kita harus makin sering membaca guna mendata kata-kata sulit dan kemudian membuka kamus untuk mengartikannya.

(Bersambung)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ini kali pertama saya bertemu tulisan Ibu di Gurusiana. Padahal Bu Khoen editor buku tunggal saya. Semoga sehat selalu Bu.

15 Oct
Balas

Tulisan yg inspiratif dan edukatif.... Keren Bunda, salam literasi, smg sukses...

14 Oct
Balas

Terima kasih Bu, semoga bermanfaat

14 Oct

Mantap

15 Oct
Balas

Sangat bermanfaat sekali bunda

14 Oct
Balas

Alhamdulillah...

14 Oct

Sangat bermanfaat, terimakasih Bunda. Sabar menunggu sambungannya...

15 Oct
Balas

Siap, sambungannya sudah saya posting pagi tadi tentang ANTONIM. Simak ya Bun...

15 Oct

Salam literasi bunda

15 Oct
Balas

Salam Literasi juga Bunda...

15 Oct



search

New Post