Khoen Eka Anthy

Berselancar dengan kata-kata telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kesehariannya, terlebih setelah menjadi editor di MediaGuru. Selalu berusaha berbua...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kiat Persiapkan Kesuksesan Anak ala dr. Gamal Albinsaid

Kiat Persiapkan Kesuksesan Anak ala dr. Gamal Albinsaid

Kota Batu-Ratusan jamaah pengajian rutin Majelis Ahad Pagi K.H. Ahmad Dahlan bertholabul ilmi di Masjid At-Taqwa Kota Batu bersama dr. Gamal Albinsaid, seorang tokoh muda nasional, dokter, motivator, sekaligus inspirator dalam tausiah bertajuk "Nilai Hidupmu dalam Karyamu".

Antusiasme jamaah tampak bahkan sebelum pengajian dimulai, dengan padatnya ruangan Masjid At-Taqwa pada Ahad pagi, 4 Juni 2023. Kali ini dr. Gamal memberikan tips kepada orang tua untuk mempersiapkan kesuksesan anak, yaitu: 1) temukan potensi dalam diri anak. Orang tua harus dapat menemukan bakat anak agar bisa mengarahkan dan menyusun langkah menuju kesuksesan. 2) Dukung dan wujudkan ide anak. Ide dan gagasan yang baik dari seorang anak hendaknya didukung oleh orang tua agar dia semakin kreatif dan berani mencoba hal-hal baru. 3) Tumbuhkan visi yang kuat. Orang tua perlu terus berupaya menumbuhkan visi (cita-cita) yang kuat dalam diri anak dengan menetapkan target yang tinggi. Dengan adanya target, anak akan terpacu untuk terus belajar dan berupaya secara maksimal untuk meraih cita-citanya. 4) Doa dan kerja keras orang tua. Tak cukup hanya dengan bekerja keras demi membantu anak mewujudkan kesuksesannya, doa dari orang tua adalah senjata ampuh untuk keberhasilan anak. 5) Fokuskan anak untuk tumbuh dan belajar di lingkungannya. Lingkungan yang kondusif adalah sumber belajar yang baik bagi anak. 6) Spiritual dan keberkahan, perlu keseimbangan antara intelektualitas dan spiritualitas. Intelektualitas tanpa spiritualitas akan menumbuhkan sikap negatif dalam diri seseorang, misalnya sombong dan individualis. Oleh sebab itu, aspek spiritual atau kerohanian anak harus terus diisi, nilai-nilai keagamaannya harus terus diperkuat di samping kecerdasan intelektualnya agar sikap, perilaku, dan perbuatannya selalu terjaga di jalan Allah SWT.

Selain itu, orang tua juga harus menanamkan empati dalam diri anak. Empati adalah kemampuan ikut merasakan dan seakan-akan berada pada posisi orang lain, sehingga menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain. Kepedulian pada diri anak juga harus ditumbuhkan agar dia kelak menjadi orang yang memberi banyak manfaat bagi lingkungannya.

"Jadilah orang tua terbaik versi kita bagi anak, dan, tetaplah berjalan dalam kebaikan," pungkas dr. Gamal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post