Khoeri Abdul Muid CAH PATI

Redaktur Penerbit MDI (Media Didaktik Indonesia). Alumnus IKIP NEGERI YOGYAKARTA dan UNNES SEMARANG. Pernah mengajar di SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG. Sekarang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Seri Moderasi Beragama Siswa SD via Cerpen-Gram Multikultural (1) KEMULTIKULTURALAN
Karakter Tokoh Kurtilas

Seri Moderasi Beragama Siswa SD via Cerpen-Gram Multikultural (1) KEMULTIKULTURALAN

OLEH: Khoeri Abdul Muid, M.Pd (Kepala SD Negeri Koripandriyo Gabus Pati Jateng)

Tahukah kalian, gambar di atas adalah gambar “tokoh-tokoh” di dalam Buku Kurikulum 2013 yang melukiskan karakter multikultural? Di sana terdapat beraneka tokoh yang beragam kebudayaannya.

Siapakah mereka? Mereka adalah Udin, Beni, Dayu, Lani, Siti, dan Edo.

Udin mewakili anak muslim dari luar Jawa, seperti Sumatra, Bali, Sulawesi dan NTB. Beni wakil etnis Tionghoa beragama Nasrani. Dayu mewakili etnis Bali beragama Hindu. Lani mewakili etnis Tionghoa yang beragama Buddha/Konghuchu. Siti mewakili suku bangsa Jawa yang beragama Islam. Edo mewakili anak-anak Indonesia Timur, yakni Maluku, Papua dan NTT.

Beda Tapi Satu

Lihatlah! Mereka ber-bhinneka tunggal ika. Mereka beda tapi satu. Mereka berbeda-beda tetapi bersatu.

Ya. Mereka saling mengenali dan menghargai perbedaan. Sebagaimana perintah Tuhan, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang prempuan dan menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kalian saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kalian. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (Al-Qur’an Surat Al-Hujarat ayat 13).

Di samping itu, mereka juga hidup rukun dengan tetap menghormati iman masing-masing. Karena, “Bagimu agamamu, bagiku agamaku” (Al Qur’an Surat Al Kafirun ayat 6).

Ya. Mereka ber-toleransi. Mereka berkarakter multikultural. ***)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih, Bu tarti... Tetap semangat Bu

10 Jul
Balas

Keren ulasannya Bapak

10 Jul
Balas



search

New Post