Khoiriyahrm

Pembelajar dan pengajar....

Selengkapnya
Navigasi Web

Menasehati atau membully?

Menasehati atau membully?

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Bagaimana sikap kita jika kita melihat kesalahan? Bagaimana jika kita adalah seorang guru, bagaimana sikap kita jika melihat siswa kita atau orang lain melakukan kesalahan? Mendiamkan kesalahan bisa berdampak pada semakin parah kesalahannya. Yang terbaik adalah menasehati, tetapi hati, jika kita tidak seksama bisa jadi tidak menasehati yang kita lakukan, tetapi sebaliknya malah menjadi membully.

Ciri ciri menasehati:

1. Tujuan untuk memperbaiki / konstruktif.

2. Tidak dimuka umum.

3. Dengan bahasa yang baik dan sopan.

4. Dengan ilmu dan kesabaran bukan dengan nafsu.

5. Tidak ada yang memanggil atau nada merendahkan, mengejek, menghina, dan meremehkan baik secara verbal maupun non verbal.

Ciri ciri membully:

1. Tujuannya menghancurkan atau merendahkan / destruktif.

2. Dapat dilakukan secara pribadi, tetapi lebih sering dilakukan di muka umum dan berkelompok.

3. Bahasa yang digunakan biasanya kasar dan vulgar.

4. lebih banyak dikeluarkan dari transisi, ditiru, nafsu dan kebencian.

5. Ungkapan yang diucapkan dengan ejekan, hinaan, atau sindiran baik secara verbal dan non verbal.

Menasehati jelaskan suatu hal yang baik, sebaliknya membully jelaskan suatu hal yang buruk dan jahat. Jika tidak, hati-hati kita malah dianggap bully. Jadi, pilih mau menasehati atau membully?

Menasehati akan menghasilkan kebaikan, kasih sayang dan silaturahmi. Bagaimana membully akan menghasilkan keburukan, kebencian, konflik, dan memperbesar pertentangan. Tentu kita ingat beberapa kasus di dunia pendidikan, antara murid dan guru atau dengan orang tua, bisa jadi hal itu terjadi karena fungsi menasehati dia malah menjadi pengganggu. Jadi hati-hati dalam menasehati jika kita tak mau jadi tukang bully.

#berhentikan intimidasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Harus hati-hati ini ya, bu. Bedanya tipiis. Ngeri juga kalau sampai salah jadi bullying

21 Feb
Balas

Iya Bun, zaman sekarang sensitif, kurang hati hati dikit malah jadi boomerang, mhn maaf baru balas

01 Mar

Siap Bund, harus hati hati yah, karena ada hati jangan sampai sakit hati. Sukses selalu dan barakallah

02 Feb
Balas

Aamiin. Terima Kasih bu Siti Ropiah

02 Feb



search

New Post