Kholisoh

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Melatih Anak Mengendalikan Emosinya

Melatih Anak Mengendalikan Emosinya

Umumnya setiap anak memiliki sifat maupun karakter yang unik dan berbeda. Sehingga dalam menyikapi dan menangani setiap anak juga pasti akan berbeda. Apalagi Ketika menghadapi anak yang tingkat emosinya tinggi tentunya akan memerlukan kesabaran dan perlakuaan yang lebih intens. Bagaimanakah cara mengahadapinya agar anak dapat mengendalikan emosinya.

1. Memberikan nama terhadap bentuk emosinya.

Tak jarang para orang tua saat berada di tempat keramaian si kecil meminta mainan yang dia inginkan, dan kita sebagai orang tua menolak permintaannya karena satu dan lain hal yang akan membuat anak menjadi tantrum sehingga dapat mengganggu sekitar karena uring – uringan. Hal penting yang pertama kali dilakukan oleh kita ialah dengan berkata kepadanya “ Mama tahu, kamu marah karena mama bilang ga boleh”. Tunjukkan perhatian dan empati kita dalam menyikapinya agar anak merasa dihargai.

2. Menarik nafas dalam – dalam.

Setelah mulai menunjukkan penurunan tingkat emosinya ajaklah untuk menarik nafas sedalam – dalamnya. Hal ini membantu anak bagaimana mengendalikan emosinya.

3. Berpikir tentang suatu hal yang menyenangkan.

Pada tahap ini anak mulai reda emosinya, lalu latihlah untuk mengalihkan perasaan negatif ke arah positif dengan merangsangnya untuk berpikir dan menceritakan suatu hal yang menyenangkan yang pernah dilaluinya.

4. Mendeskripsikan situasi tersebut dengan kata – kata.

Stimulasi selanjutnya ialah mengajaknya bercerita tentang hal yang menyenangkan tadi dan mendeskripsikannya. Katakanlah padanya “Banu itu anak bunda yang hebat, ga marah kalo bunda nasehati”.

Hanya kesabaran, keikhlasan kita bisa menghadapi dan menyikapi berbagai karakter anak. Semoga kita menjadi orang tua yang selalu belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen parentingnya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

15 Sep
Balas

alhamdulillah , terima kasih pak atas apresiasinya.

15 Sep

alhamdulillah , terima kasih pak atas apresiasinya.

15 Sep

thanks you,keep the spirit

15 Sep
Balas

thanks you misskeep the spirit

15 Sep
Balas

Keren Bu Kholisoh. Semangat berliterasi, yakin usaha sampai. Semoga sukses selalu.

15 Sep
Balas

alhamdulillah terima kasih pak, insya Allah aamiin.sukses juga buat bapaksalam literasi

16 Sep

So proud of you

15 Sep
Balas



search

New Post