Kuntar susanto

Wiraswasta di Nagari Koto Gadang Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya...

Selengkapnya
Navigasi Web

SIASAT KETIKA NASKAHKU MENTOK

Tik tok! Tik tok! tik tok! Andaikan kepalaku bisa berbunyi, mungkin seperti itulah bunyinya. Banyak tanda tanya di dalam kepala. Apa lagi yang akan ku tulis? Ketik dikit hapus. Tulis lagi, hapus lagi. Weleh- weleh mumet sirahku.

Padahal sudah banyak sekali hal yang ingin dicurahkan. Semangat sudah menggebu -gebu. Tapi kok yo susah banget ya. Kehilangan akal, mau di awali lagi dari mana.

Coba nulis lagi. Di baca lagi. Kok isinya masih mirip sama paragraf sebelumnya? Hapus lagi. Mikir lagi. Ketik lagi. Kok kosa kata yang di pakai itu - itu lagi? Ah norak! hapus lagi. Bagaimana mau kelar kalo kayak gini.

Akhirnya, ku buka gurusiana. Ku baca - baca tulisan orang - orang di sana. Ternyata banyak yang bisa di contoh. Nyontoh semangatnya. Nyontoh motivasinya. Nyontoh jenis tulisannya. Nyontoh gaya menulisnya. Banyak yang bisa dicontoh.

Alhasil sebagi penulis pemula. Membaca merupakan hal penting ketika mentok menulis. Karena membaca dapat menambah kosa kata dan gaya menulis. Sehingga tidak kaku pada kosa kata dan satu gaya.

Selain membaca, saya juga tutup laptop sejenak. Rilek dan mencari suasana baru untuk inspirasi baru. Menurut saya sih, penulis hebatpun tidak akan mau memaksakan diri terus menulis ketika mentok. Jadi yaa tetep harus break sejenak. Otak juga perlu istirahat lho hehhe. Ini menurut saya hihi

Sebenarnya sudah banyak lho, tips - tips yang diberikan oleh penulis - penulis handal dalam menyiasati kepentok ketika menulis. Wong saya juga mengikuti cara mereka. Alhamdulillah njur - manjur. Hayoo! Siapa yang mau coba?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Pak guru andal. Kau luar biasa. Rileks saja.

07 Mar
Balas

Wow amazing. Thank you pak.hihi

07 Mar

Mantap pak jorong nich. Smngat pak. Segera selesai bukunya dan segera terbit...

07 Mar
Balas

Ayoo bareng - bareng terbitnya heheh

07 Mar
Balas

Cayooo...cemunguut Bu

07 Mar
Balas

kayak memang terwujut tenan iki. Karna dari awal pak jorok sudah YAKIN jadi penulis hebat...Yo Tho!!!

07 Mar

Kok pak jorok sih? Hahahah. Cayooo semangat 45

07 Mar

Semangaaatt bu haha

07 Mar
Balas

Semangat terus pak...

07 Mar
Balas



search

New Post