KURNIATI

Kurniati adalah guru Bahasa Indonesia di SMPN 171 Jakarta, sebelumnya mengajar di SMA Sumbangsih Jakarta....

Selengkapnya
Navigasi Web
TANTANGAN MENULIS GURUSIANA HARI KE-2

TANTANGAN MENULIS GURUSIANA HARI KE-2

Sunyi

Sunyi. Sepi. Senyap.

Kata-kata tersebut memiliki makna yang sama. Menurut KBBI sunyi dapat berarti tidak ada suara apa pun, hening, senyap. sepi dapat berarti sunyi dan lengang. Senyap dapat berarti tidak ada suara sedikit pun, sunyi, lengang.

***

Sunyi tanpa suara, tak ada bunyi, lengang, hening. Pernahkah Anda mengalami suasana demikian? Suasana itu tentunya akan menghasilkan berbagai rasa. Dalam kesunyian kita merasakan kesendirian. Sendiri yang dapat membuat kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam menapaki kehidupan. Kegamangan pun hadir. Kegamangan itu membuat kita dapat mempertanyakan apa arti hidup.

Sunyi, sepi. Kesunyian dan kesepian dapat melahirkan kesedihan. Kesedihan yang dapat mengundang berbagai prasangka. Prasangka diri yang tak pada tempatnya. Hidup tiada guna. Hidup merana. Merana dan tiada daya. Ah, kondisi itu membuat logika tak bekerja. Mulailah sang penggoda manusia bekerja. Iblis bicara, merasuki jiwa. Iblis mengundang diri untuk berpesta. Berpesta melakukan sesuatu yang hanya akan melahirkan bencana.

Ah… sunyi sungguh menyiksa

***

Sunyi. Melarut dalam sunyi, merasakan keheningan. Hening tanpa suara. Matikan indra. Hidupkan jiwa. Bangkitkan nurani. Dengarkan suara semesta. Semesta selalu bicara. Kala kesibukan mendera. Sibuk dengan hingar bingar dan kegaduhan dunia fana. Jiwa menjadi tuli. Semesta seakan beku. Diam, dingin, beku. Namun, kali sunyi melarut jiwa. Terdengar musik semesta. Melodinya mengajak kita menari, meliukkan jiwa dengan mengucap puja-puji kepada Dia Sang Maha Pencipta semesta.

Sunyi. Nikmati sunyi. Rasakan setiap detak jantung semesta. Hirup sejuknya udara. Kecup mesra wajah cantik semesta. Jiwa dan semesta menyatu. Membuka ruang baru akan makna terciptanya semesta.

Sunyi membawa jiwa bekerja. Bekerja tuk mengukir karya. Karya untuk mewarnai semesta. Aneka warna memperindah semesta. Merah, putih, biru, kuning, hijau, dan banyak warna lain lahir mempercantik komposisi semesta.

Sunyi. Merindu sunyi tuk menikmati indahnya semesta.

Jakarta, 4 Januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post