Kutsiyah

Kutsiyah,S.Pd, Guru SMPN 1 Banyuates Kabupaten Sampang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Absensi Tanpa Sinyal
Absensi Tanpa Sinyal

Absensi Tanpa Sinyal

Absensi Tanpa Sinyal

Kecanggihan teknologi saat ini benar-benar dimanfaatkan oleh Kabupaten Sampang, dalam mengabsen kehadiran ASN, terutama guru. Awalnya menggunakan sidik jari sebagai absensi, kemudian semakin canggihnya teknologi, absensi menggunakan scan wajah. Para guru di SMPN 1 Banyuates tinggal membungkuk dan menghadapkan wajahnya kelayar, lalu mesin scan akan mendeteksi wajah mereka. Tidak sampai dua detik mesin akan berbunyi, “terima kasih”, maka absensi telah selesai. Jadi tanpa sinyalpun absensi menggunakan sidik jari maupun face print bisa dilakukan.

Sejak bulan Juli 2021 Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang menggunakan Program Absensi Aplikasi Android Si ASEP ( Sistem Informasi Absensi Elektronik ). Tujuannya untuk mengetahui para guru yang melaksanakan tugas mengajarnya, di masing-masing lembaga baik dari tingkat sekolah, TK, SD dan SMP. Dengan melalui program Aplikasi Absensi Android Si ASEP, semua guru baik di desa atau di setiap kecamatan dan kota harus mempunyai Hand Phone Android. Absensi dilakukan 2 kali absen dalam melaksanakan tugas mengajarnya, setiap pagi dan mau pulang.

Dengan adanya absensi Aplikasi Android ini, tingkah laku teman-teman guru itu lucu-lucu, kadang kami tertawa sampai sakit perut. Ada yang langsung bisa masuk ke apilkasi, lalu foto diri, dan jika sinyal lancar, langsung ada balasan terima kasih. Kalau sudah ada balasan terima kasih, pasti teman-teman bilang, “Alhamdulillah,” sesuai dengan amal perbuatannya. Tapi kalau saat sinyal masih bersembunyi dibalik awan, maka Aplikasi Si ASEP akan muter-muter terus. Ada teman guru yang paling lucu di sekolah, namanya Bu Mia, saat absensi dan sinyal lagi lemmot, hand phonenya digerak-gerakkan keatas sambil berjalan dan berkata, “hei sinyal keluarlah, jangan bersembunyi, saya mau absen nih.” Teman-teman yang melihatnya tertawa terpingkal-pingkal. Ada juga yang mondar mandir cari sinyal, dia akan mencari lokasi sinyal yang kuat, kadang di depan pintu gerbang sekolah, di depan laboratorium komputer, bahkan kadang di depan ruang koperasi sekolah. Setelah berjam-jam menunggu jawaban terima kasih tidak ada, ternyata setelah di periksa di hand phonenya, kuota internetnya nol alias habis. Kalau melihat kejadian seperti ini, siapa yang gak ketawa. Tapi walaupun tingkah lakunya lucu-lucu saat absensi dan balasan terima kasih belum muncul, mereka sangat konsekuen dalam mengajar. Kalau memang waktunya mengajar di kelas, mereka akan langsung masuk ke kelas untuk Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Nah, teman-teman kami bangga menggunakan absensi SI ASEP ini. Tapi jangan lupa kalau mau absen di Aplikasi Android Si ASEP, periksa dulu kuota internetnya agar tidak terjadi absensi tanpa sinyal.

Banyuates, 25 Januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post