Laela Novita

Saya adalah seorang wanita sederhana kelahiran Bogor yang suka menulis walaupun entah tulisan nya bagus atau tidak. Yang jelas, saya hobby menulis. Saya selalu ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Serentak Bergerak, Bergerak Serentak

Serentak Bergerak, Bergerak Serentak

Bulan Mei adalah bulan lahirnya pendidikan Indonesia. Berawal dari perjuangan pahlawan kita Ki Hadjar Dewantara dengan mendirikan Taman Siswa untuk masyarakat Indonesia, karena pada saat itu kesempatan belajar terbatas untuk masyarakat Indonesia. Pemerintahan Belanda membatasi belajar masyarakat Indonesia yang cukup dengan dapat membaca, menulis dan berhitung, itupun dengan tujuan dapat membantu perdagangan mereka.

Semboyan Ingarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Hadayani pun tercetus dari pemikiran Ki hadjar Dewantara yang mana seorang guru harus dapat mengayomi, menghamba kepada peserta didik, menuntun dan selalu mendorong peserta didik untuk dapat mengeksplorasi konsentrasi yang dimiliki sesuai dengan kodratnya.

Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa pendidikan akan berlangsung dalam keadaan merdeka, artinya peserta didik tidak dibebankan dengan apa-apa yang kita inginkan. Jangan pernah menganggap peserta didik sebagai kertas putih yang kosong. Peserta didik sudah memiliki kodrat nya, untuk itu kita sebagai guru tinggal mengarahkan dan menuntun peserta didik sesuai kodrat alam dan kodrat zaman nya dengan tidak meninggalkan budaya yang ada.

Pendidikan Indonesia harus berazaskan, kemerdekaan, kodrat alam, kemanusian, kebudayaan dan sosial. Dengan memperhatikan adalah tersebut in syaa Allah pendidikan Indonesia akan lebih maju.

Semua bergerak serentak, tergerak hati dan pemikiran untuk memanjukan pendidikan Indonesia. Serentak bergerak untuk menggerakkan pendidikan dengan tidak melupakan sikap dan karakter bangsa Indonesia. Mewujudkan Indonesia maju dengan menciptakan merdeka belajar untuk kita semua. Merdeka berpikir, merdeka mengutarakan ide dan gagasan. Merdeka belajar, Indonesia maju. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

01 May
Balas

Hatur nuhun bapak. Salam literasi, barokallahu fiik

01 May

Paparan yang mantul Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

01 May
Balas

Hatur nuhun bu dokter. Alhamdulillah bangga luar biasa bu dokter selalu mampir dan baca artikel amatiran ini. Sukses juga untuk bu dokter, sehat selalu dan barokallahu fiik

01 May

Sae b laela.mudah mudahan teras nya

31 May
Balas

Ulah hilap follow nu abdi

31 May
Balas

Ulah hilap follow nu abdi

31 May
Balas



search

New Post